Selamat Datang di Kelas Digital SDN Kowel Pamekasan Dengan Pak Muhammad Saleh, S.Pd

kontekstual learning media botol air mineral untuk memahami debit

 DSC00605Bagaimana Anda mengajarkan materi Debit di kelas VI semester 1? Ayo bagi ilmunya dong ….. Di sekolah kami, setiap mengajarkan materi Debit menggunakan Pembelajaran Kontekstual Learning Media Botol Air Mineral. Mengingkat botol air mineral banyak kita temukan, maka sambil membantu Pak Sampah kita manfaatkan saja.  


DSC00608Siswa mengisi botol air mineral dengan mengukur air terlebih dahulu dengan gelas ukur. Semua kelompok menggunakan volume yang sama. Siswa secara berkelompok membagi tugas. Bagian pengisi air, menutup lubang botol, menghitung waktu, dan pencatat data. ontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-tugas-ini-harus-dikerjakan-dengan-tim-yang-kompak DSC00623kontekstual-learning-media-botol-air-mineral-untuk-memahami-debit-dibutuhkan-gelas-ukur-untuk-mengetahui-volume-yang-tepat     Langkah-langkah pembelajaran : Sebelum Pelaksanaan :
  • Guru menyampaikan alat dan bahan sebelum pelaksanaan kegiatan
  • Membuat kelompok, tiap kelompok menentukan nama dengan istilah matematika
  • Siswa menyiapakan alat dan bahan dengan kelompoknya
  • Guru Menyiapkan Lembar kerja siswa
DSC00625 DSC00621
  • Siswa melanjutkan dengan botol yang berbeda. Melanjutkan tugasnya dengan volume berbeda dan ukuran botol yang berbeda.
  • Siswa mengisi data pada LK dan pertanyaan untuk menarik kesimpulan tentang debit
Penilaian : Guru menilai kekompokan regu, kepedulian siswa, disiplin, kelengkapan alat dan bahan, dan kebenaran melakukan praktikum Selesai Pelaksanaan :
  • Setelah praktikum, siswa kembali ke kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Satu persatu tiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya
Penilaian
  • Peniliaian berdasarkan kreteria menyajikan data, ketepatan menjawab, dan mengajukan pertanyaan (keterlibatan dalam diskusi)
  • Guru menyimpulkan pengertian debit serta menghubungkan dengan volume dan waktu.
DSC00626