Selamat Datang di Kelas Digital SDN Kowel Pamekasan Dengan Pak Muhammad Saleh, S.Pd

SOAL DAN JAWABAN UJI KOMPETENSI PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) TAHUN 2024

 


SOAL DAN JAWABAN UJI KOMPETENSI PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) TAHUN 2024

Kompetensi Teknis: Materi ini berkaitan langsung dengan bidang keguruan, seperti:

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal kurikulum dan pembelajaran

        Soal Pilihan Ganda

  1. Manakah dari berikut ini yang MERUPAKAN komponen utama dalam pengembangan peserta didik? a. Kognitif, afektif, dan psikomotor b. Kognitif, afektif, dan sosial c. Kognitif, psikomotor, dan spiritual d. Afektif, psikomotor, dan sosial Jawaban: a. Ketiga komponen ini saling melengkapi dalam membentuk pribadi peserta didik yang utuh.
  2. Tujuan utama dari penilaian autentik dalam pembelajaran adalah... a. Memberikan nilai numerik untuk siswa b. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain c. Mengukur pemahaman siswa terhadap materi secara mendalam d. Memenuhi persyaratan administrasi sekolah Jawaban: c. Penilaian autentik lebih fokus pada proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata.
  3. Model pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam menemukan sendiri konsep-konsep baru adalah... a. Pembelajaran langsung b. Pembelajaran kooperatif c. Pembelajaran berbasis masalah d. Pembelajaran berbasis proyek Jawaban: c. Pembelajaran berbasis masalah mendorong siswa untuk mencari solusi atas permasalahan yang diberikan.
  4. Salah satu prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum adalah... a. Kurikulum bersifat statis dan tidak perlu diperbarui b. Kurikulum harus relevan dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat c. Kurikulum harus berpusat pada guru sebagai sumber utama pengetahuan d. Kurikulum harus sama untuk semua peserta didik tanpa memperhatikan perbedaan individu Jawaban: b. Kurikulum yang baik harus responsif terhadap perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik.
  5. Peran guru dalam pembelajaran abad 21 adalah sebagai... a. Pemberi informasi satu arah b. Fasilitator dan pembimbing pembelajaran c. Penilai tunggal prestasi siswa d. Pengelola kelas yang ketat Jawaban: b. Guru abad 21 lebih berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri.
  6. Differentiated instruction bertujuan untuk... a. Memberikan materi yang sama untuk semua siswa b. Memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa c. Memisahkan siswa berdasarkan kemampuannya d. Mempercepat proses pembelajaran Jawaban: b. Differentiated instruction mengakui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar dan kecepatan belajar yang berbeda.
  7. Salah satu tantangan dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah... a. Tersedianya sumber daya yang memadai b. Perbedaan tingkat kesiapan guru c. Kurangnya dukungan dari orang tua d. Tidak adanya perubahan dalam sistem penilaian Jawaban: b. Implementasi kurikulum baru memerlukan adaptasi dan pengembangan kompetensi guru.
  8. Pentingnya mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik adalah untuk... a. Memudahkan siswa menghafal materi b. Membantu siswa memecahkan masalah dan mengambil keputusan c. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti instruksi d. Memudahkan guru dalam menyampaikan materi Jawaban: b. Berpikir kritis adalah keterampilan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

9.      Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan... a. Memberikan hukuman kepada siswa yang tidak aktif b. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menantang c. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain d. Memberikan tugas yang banyak dan sulit Jawaban: b. Lingkungan belajar yang positif dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.Aspek mana yang paling penting dalam pengembangan karakter peserta didik? a. Pengetahuan b. Keterampilan c. Sikap dan nilai d. Prestasi akademik Jawaban: c. Pengembangan karakter lebih fokus pada pembentukan sikap, nilai, dan moral yang baik.soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd

Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda untuk kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Pengembangan Peserta Didik. Soal-soal ini dirancang untuk mengukur pemahaman Anda tentang berbagai aspek pengembangan peserta didik, mulai dari teori belajar hingga praktik pembelajaran di kelas.

Pengembangan Peserta Didik (10 Soal Pilihan Ganda)

Teori belajar yang menekankan pada pentingnya pengalaman langsung dan interaksi aktif dengan lingkungan disebut... a. Behaviorisme b. Kognitivisme c. Konstruktivisme d. Humanisme

Salah satu prinsip utama dalam pengembangan peserta didik adalah... a. Setiap peserta didik memiliki kecepatan belajar yang sama. b. Peserta didik adalah penerima pasif informasi. c. Lingkungan belajar tidak berpengaruh pada perkembangan peserta didik. d. Peserta didik adalah individu unik dengan potensi yang berbeda-beda.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan peserta didik meliputi... a. Kognitif, afektif, dan psikomotor b. Kognitif dan afektif saja c. Afektif dan psikomotor saja d. Hanya aspek kognitif

Metode pembelajaran yang paling efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik adalah... a. Ceramah b. Diskusi kelompok c. Pemberian tugas individu d. Demonstrasi

Salah satu tujuan utama penilaian autentik adalah... a. Memberikan nilai numerik yang tinggi kepada peserta didik. b. Membandingkan prestasi peserta didik satu dengan yang lain. c. Mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi nyata. d. Memudahkan guru dalam memberikan nilai.

Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik adalah... a. Hanya memberikan materi pelajaran. b. Menjadi model peran yang baik. c. Membiarkan peserta didik belajar sendiri. d. Hanya fokus pada prestasi akademik peserta didik.

Salah satu cara untuk memotivasi peserta didik dalam belajar adalah... a. Memberikan hukuman jika tidak mencapai target. b. Membuat suasana belajar yang menyenangkan dan menantang. c. Membandingkan prestasi peserta didik satu dengan yang lain. d. Memberikan hadiah yang sama untuk semua peserta didik.

Peran orang tua dalam pengembangan peserta didik adalah... a. Serahkan sepenuhnya kepada guru. b. Memberikan dukungan dan motivasi. c. Hanya memberikan materi pelajaran di rumah. d. Membandingkan prestasi anak dengan anak lain.

Salah satu tantangan dalam pengembangan peserta didik di era digital adalah... a. Kurangnya akses terhadap teknologi. b. Terlalu banyak informasi yang tidak relevan. c. Peserta didik menjadi lebih mandiri. d. Keterampilan berpikir kritis semakin meningkat.

Pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas dalam pengembangan peserta didik adalah... a. Memudahkan guru dalam mengajar. b. Membuat orang tua merasa lebih terlibat. c. Menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan mendukung perkembangan peserta didik secara optimal. d. Hanya untuk memenuhi tuntutan kurikulum.

Kunci Jawaban:

1.      C

2.      D

3.      A

4.      B

5.      C

6.      B

7.      B

8.      B

9.      B

10.  C

Catatan:

 

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Pengembangan peserta didik

Pengembangan Peserta Didik (PPP) Guru SD

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!

Teori belajar yang menekankan pada pentingnya pengalaman langsung dan interaksi aktif dengan lingkungan disebut...

a. Behaviorisme

b. Kognitivisme

c. Konstruktivisme

d. Humanisme

Jawaban: c

Salah satu prinsip dasar dalam pengembangan peserta didik adalah...

a. Peserta didik adalah penerima pasif informasi.

b. Setiap peserta didik memiliki potensi yang sama.

c. Perbedaan individu harus diabaikan dalam pembelajaran.

d. Lingkungan belajar yang kondusif tidak mempengaruhi hasil belajar.

Jawaban: b

Tujuan utama dari penilaian autentik adalah...

a. Memberikan nilai numerik untuk membandingkan peserta didik.

b. Mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran secara komprehensif.

c. Memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada peserta didik.

d. Memenuhi tuntutan administrasi sekolah.

Jawaban: b

Salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis adalah...

a. Ceramah

b. Diskusi kelompok

c. Menghafal rumus

d. Mengerjakan soal-soal latihan secara individu

Jawaban: b

Peran guru dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik adalah...

a. Hanya memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

b. Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan kreativitas.

c. Membandingkan prestasi peserta didik satu sama lain.

d. Menekankan pada pentingnya mengikuti aturan kelas.

Jawaban: b

Salah satu tantangan dalam mengembangkan peserta didik di era digital adalah...

a. Ketersediaan sumber belajar yang beragam.

b. Kemudahan akses informasi.

c. Penggunaan gadget yang berlebihan oleh peserta didik.

d. Adanya berbagai platform pembelajaran online.

Jawaban: c

Kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas sangat penting dalam pengembangan peserta didik karena...

a. Memudahkan guru dalam mengelola kelas.

b. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

c. Memenuhi tuntutan administrasi sekolah.

d. Memudahkan komunikasi antara guru dan orang tua.

Jawaban: b

Salah satu indikator keberhasilan pengembangan peserta didik adalah...

a. Meningkatnya nilai ujian nasional.

b. Meningkatnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis.

c. Meningkatnya jumlah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler.

d. Meningkatnya jumlah peserta didik yang masuk sekolah favorit.

Jawaban: b

Peran penting guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik adalah...

a. Memberikan hukuman kepada peserta didik yang sulit belajar.

b. Mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar dan memberikan bantuan yang tepat.

c. Menyalahkan peserta didik atas kesulitan belajarnya.

d. Membiarkan peserta didik mengatasi kesulitan belajarnya sendiri.

Jawaban: b

Salah satu prinsip penting dalam pembelajaran inklusif adalah...

a. Memisahkan peserta didik berdasarkan kemampuannya.

b. Menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan setiap peserta didik.

c. Menekankan pada pentingnya kompetisi antar peserta didik.

d. Mengabaikan perbedaan individu dalam pembelajaran.

Jawaban: b

 

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Evaluasi pembelajaran

Tentu, saya dapat bantu menyusun 10 soal pilihan ganda untuk evaluasi kompetensi PPPK guru SD, khususnya pada bidang evaluasi pembelajaran. Namun, perlu diingat bahwa soal-soal ini bersifat umum dan sebaiknya disesuaikan dengan kurikulum dan materi pembelajaran yang sedang Anda laksanakan.

Berikut 10 contoh soal pilihan ganda:

Tujuan utama melakukan evaluasi pembelajaran adalah... a. Memberikan nilai akhir kepada siswa b. Mengetahui tingkat kesulitan materi bagi siswa c. Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dan memperbaiki proses pembelajaran d. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain

Instrumen evaluasi yang paling tepat untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah... a. Pilihan ganda b. Isian singkat c. Essay d. Proyek

Aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun kisi-kisi soal evaluasi adalah... a. Jumlah soal b. Tingkat kesulitan soal c. Materi yang diujikan, indikator pencapaian kompetensi, dan bentuk soal d. Waktu pengerjaan soal

Contoh soal evaluasi yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah... a. Sebutkan tiga jenis hewan! b. Jelaskan proses fotosintesis! c. Bagaimana pendapatmu tentang pentingnya menjaga lingkungan? d. Hitunglah luas persegi panjang dengan panjang 10 cm dan lebar 5 cm!

Salah satu kelebihan tes uraian dibandingkan tes objektif adalah... a. Mudah dalam penilaian b. Dapat mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif c. Lebih efisien dalam waktu d. Lebih objektif

Portofolio siswa merupakan salah satu bentuk penilaian... a. Autentik b. Normatif c. Sumatif d. Diagnostik

Apa yang dimaksud dengan reliabilitas dalam penilaian? a. Ketepatan suatu tes dalam mengukur apa yang seharusnya diukur b. Konsistensi hasil suatu tes jika diberikan pada waktu yang berbeda c. Tingkat kesukaran suatu tes d. Keterwakilan sampel soal terhadap keseluruhan materi

Salah satu prinsip dalam menyusun soal evaluasi adalah... a. Soal harus sulit agar siswa tertantang b. Bahasa soal harus ambigu agar siswa berpikir kritis c. Soal harus jelas, singkat, dan mudah dipahami d. Soal harus banyak agar dapat mengukur semua materi

Apa yang harus dilakukan guru setelah melakukan evaluasi pembelajaran? a. Memberikan nilai kepada siswa b. Menganalisis hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran c. Melupakan hasil evaluasi d. Memberikan hukuman kepada siswa yang nilainya rendah

Tujuan utama memberikan umpan balik kepada siswa setelah evaluasi adalah... a. Membuat siswa merasa puas b. Membantu siswa memperbaiki kesalahan dan meningkatkan prestasi c. Memberikan tekanan kepada siswa agar belajar lebih giat d. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain

Kunci Jawaban:

1.      C

2.      D

3.      C

4.      C

5.      B

6.      A

7.      B

8.      C

9.      B

10.  B

Catatan:

 

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Materi pelajaran (sesuai bidang studi yang diajarkan)

Tentu, saya bantu buatkan contoh soal pilihan ganda untuk kompetensi PPPK Guru SD dengan materi pelajaran yang disesuaikan dengan bidang studi yang diajarkan. Namun, perlu diingat bahwa soal-soal ini hanya sebagai contoh dan sebaiknya disesuaikan dengan kurikulum dan materi yang sedang diajarkan di sekolah Anda.

Contoh Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD

Materi: Matematika (Bilangan Bulat)

Hasil dari -5 + 8 – (-3) adalah … a. -16 b. -6 c. 6 d. 16

FPB dari 24, 36, dan 48 adalah … a. 6 b. 12 c. 24 d. 36

Materi: Bahasa Indonesia (Membaca Permulaan)

Kata yang berlawanan artinya dengan “besar” adalah … a. Kecil b. Tinggi c. Lebar d. Panjang

Kalimat yang menggunakan tanda baca titik (.) dengan benar adalah … a. Ibu pergi ke pasar membeli sayur b. Ayah bekerja di kantor c. Ani belajar di rumah d. Semua jawaban benar

Materi: IPA (Sistem Pencernaan)

Organ tubuh yang berfungsi untuk mencerna makanan secara mekanik adalah … a. Hati b. Ginjal c. Lambung d. Gigi

Proses perubahan makanan menjadi zat-zat yang lebih sederhana disebut … a. Pencernaan b. Pernapasan c. Peredaran darah d. Ekskresi

Materi: IPS (Keluarga)

Tugas utama seorang ayah dalam keluarga adalah … a. Memasak b. Membersihkan rumah c. Mencari nafkah d. Mengurus anak

Contoh sikap saling menghargai dalam keluarga adalah … a. Suka mencela b. Membantu pekerjaan rumah c. Suka bertengkar d. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain

Materi: SBdP (Menggambar)

Alat yang digunakan untuk menggambar garis lurus adalah … a. Pensil warna b. Penghapus c. Penggaris d. Kuas

Prinsip dasar dalam menggambar adalah … a. Menggunakan warna sembarang b. Menggambar sesuai imajinasi c. Menggambar dengan proporsi yang benar d. Menggambar dengan cepat

 

 

Kompetensi Pedagogik: Materi ini menguji kemampuan pedagogik guru, seperti:

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal  Strategi pembelajaran

Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda tentang strategi pembelajaran untuk persiapan PPPK Guru SD, lengkap dengan jawabannya:

Soal Pilihan Ganda Strategi Pembelajaran PPPK Guru SD

Manakah dari strategi pembelajaran berikut yang paling efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa SD?

a. Ceramah

b. Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning)

c. Penugasan individu

d. Demonstrasi

Jawaban: b. Pembelajaran berbasis masalah mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menemukan solusi atas masalah yang diberikan.

Strategi pembelajaran yang paling sesuai untuk memperkenalkan konsep abstrak kepada siswa SD adalah...

a. Eksperimen

b. Simulasi

c. Demonstrasi

d. Diskusi kelompok

Jawaban: c. Demonstrasi membantu siswa visualisasi konsep abstrak melalui contoh konkret.

Tujuan utama menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran adalah...

a. Menanamkan pengetahuan faktual

b. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis

c. Membentuk karakter siswa

d. Meningkatkan kecepatan membaca

Jawaban: b. Inkuiri mendorong siswa untuk mencari jawaban sendiri melalui penyelidikan, sehingga melatih kemampuan berpikir kritis.

Salah satu kelebihan dari pembelajaran kooperatif adalah...

a. Meminimalkan interaksi sosial siswa

b. Meningkatkan kompetisi antar siswa

c. Memungkinkan siswa belajar dengan ritme masing-masing

d. Memfasilitasi siswa untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan

Jawaban: d. Pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, sehingga mereka saling belajar dan berbagi pengetahuan.

Strategi pembelajaran yang paling tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah...

a. Memberikan tugas yang banyak

b. Memberikan hukuman jika siswa tidak mengerjakan tugas

c. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menantang

d. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain

Jawaban: c. Lingkungan belajar yang menyenangkan dan menantang akan memotivasi siswa untuk terus belajar.

Salah satu prinsip dalam pemilihan media pembelajaran adalah...

a. Semakin mahal media, semakin baik kualitasnya

b. Media harus sesuai dengan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran

c. Media harus selalu baru dan up-to-date

d. Media harus menarik perhatian siswa tanpa memperhatikan relevansinya

Jawaban: b. Media pembelajaran harus relevan dengan materi dan tujuan pembelajaran agar efektif.

Apa yang dimaksud dengan differentiated instruction?

a. Pembelajaran yang sama untuk semua siswa

b. Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa

c. Pembelajaran yang hanya fokus pada siswa yang berprestasi tinggi

d. Pembelajaran yang hanya menggunakan satu metode

Jawaban: b. Differentiated instruction adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu siswa.

Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan komponen dari model pembelajaran berbasis proyek?

a. Perencanaan proyek

b. Pelaksanaan proyek

c. Evaluasi proyek

d. Ceramah

Jawaban: d. Ceramah bukan merupakan komponen dari model pembelajaran berbasis proyek, yang lebih menekankan pada aktivitas siswa dalam menyelesaikan proyek.

Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah...

a. Membuat siswa menjadi pasif

b. Mengurangi interaksi sosial siswa

c. Memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar

d. Meningkatkan ketergantungan siswa pada teknologi

Jawaban: c. Teknologi memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri.

Apa yang dimaksud dengan authentic assessment?

a. Penilaian yang hanya berfokus pada hasil akhir

b. Penilaian yang dilakukan secara tertulis

c. Penilaian yang mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas yang relevan dengan kehidupan nyata

d. Penilaian yang dilakukan oleh guru saja

Jawaban: c. Authentic assessment adalah penilaian yang mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas yang relevan dengan kehidupan nyata.

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal  Media pembelajaran

Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda tentang kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada media pembelajaran. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang pemilihan, pengembangan, dan pemanfaatan media pembelajaran yang efektif di tingkat SD.

10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Media Pembelajaran

Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang paling tepat.

Manakah dari media pembelajaran berikut yang paling efektif untuk mengajarkan konsep abstrak seperti "siklus air" kepada siswa SD kelas 3? a. Video animasi b. Gambar statis c. Teks bacaan d. Permainan papan

Tujuan utama penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah... a. Menarik perhatian siswa b. Mengganti peran guru c. Memudahkan guru dalam mengajar d. Memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran

Ketika memilih media pembelajaran, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah... a. Harga media b. Ketersediaan media c. Relevansi dengan materi pelajaran dan karakteristik siswa d. Kemudahan penggunaan media

Salah satu kelebihan penggunaan media audio dalam pembelajaran adalah... a. Dapat merangsang imajinasi siswa b. Mudah dibuat dan diakses c. Dapat menampilkan visualisasi yang menarik d. Cocok untuk semua jenis materi pelajaran

Media visual statis seperti gambar atau poster paling efektif digunakan untuk... a. Menjelaskan proses yang berurutan b. Menyajikan informasi yang kompleks c. Membangkitkan minat belajar siswa d. Memudahkan siswa mengingat informasi

Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran berbasis teknologi? a. Media yang menggunakan perangkat elektronik b. Media yang interaktif dan dapat disesuaikan c. Media yang dapat diakses secara online d. Semua jawaban benar

Salah satu kekurangan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi adalah... a. Biaya produksi yang mahal b. Kurangnya interaktivitas c. Ketergantungan pada perangkat teknologi d. Sulit ditemukan

Bagaimana cara guru mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran? a. Menggunakan berbagai jenis media dalam satu pembelajaran b. Memilih media yang paling modern c. Menyesuaikan media dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa d. Membiarkan siswa memilih media yang mereka sukai

Media pembelajaran yang paling efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik halus siswa SD adalah... a. Video animasi b. Permainan edukatif c. Buku cerita d. Presentasi PowerPoint

Evaluasi terhadap penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk... a. Mengetahui tingkat kesukaan siswa terhadap media b. Membandingkan efektifitas berbagai jenis media c. Memperbaiki dan mengembangkan penggunaan media di masa mendatang d. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban (akan diberikan setelah Anda mencoba menjawab)

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal  Manajemen kelas

Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda tentang manajemen kelas untuk kompetensi PPPK Guru SD, lengkap dengan jawabannya.

Soal Pilihan Ganda Manajemen Kelas untuk PPPK Guru SD

Manajemen kelas yang efektif bertujuan untuk...

a. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan produktif.

b. Mengontrol siswa agar selalu patuh pada guru.

c. Meminimalisir gangguan selama proses pembelajaran.

d. Semua jawaban benar.

Jawaban: d. Manajemen kelas yang efektif mencakup semua aspek yang disebutkan, mulai dari menciptakan suasana yang kondusif hingga meminimalisir gangguan.

Salah satu prinsip dasar dalam manajemen kelas adalah...

a. Otoritas guru harus selalu ditegakkan.

b. Siswa harus selalu diberi hukuman jika melakukan kesalahan.

c. Menciptakan hubungan yang positif antara guru dan siswa.

d. Memfokuskan pada pencapaian hasil belajar siswa secara individu.

Jawaban: c. Menciptakan hubungan positif adalah kunci dalam membangun kelas yang efektif.

Strategi yang efektif untuk mencegah terjadinya gangguan di kelas adalah...

a. Memberikan hukuman yang berat kepada siswa yang mengganggu.

b. Membuat aturan kelas yang jelas dan konsisten.

c. Mengabaikan gangguan kecil.

d. Meminta bantuan orang tua jika ada masalah.

Jawaban: b. Aturan kelas yang jelas dan konsisten akan memberikan panduan bagi siswa dan mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan.

Teknik modifikasi perilaku yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah disiplin di kelas adalah...

a. Punishment

b. Reinforcement positif

c. Time-out

d. Semua jawaban benar

Jawaban: d. Semua teknik yang disebutkan dapat digunakan untuk mengatasi masalah disiplin, tergantung pada situasi dan karakteristik siswa.

Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif adalah...

a. Memastikan semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar.

b. Menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

c. Menciptakan suasana kelas yang saling menghormati dan menghargai perbedaan.

d. Semua jawaban benar.

Jawaban: d. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi semua siswa.

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah...

a. Memberikan tugas yang banyak dan sulit.

b. Memberikan pujian dan penghargaan atas prestasi siswa.

c. Membandingkan prestasi siswa satu sama lain.

d. Memberikan hukuman jika siswa tidak mencapai target.

Jawaban: b. Pujian dan penghargaan akan memotivasi siswa untuk terus belajar dan berprestasi.

Keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar siswa dapat...

a. Meningkatkan prestasi belajar siswa.

b. Memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga.

c. Memberikan dukungan emosional bagi siswa.

d. Semua jawaban benar.

Jawaban: d. Keterlibatan orang tua memiliki banyak manfaat bagi siswa.

Manajemen waktu yang efektif di dalam kelas dapat...

a. Membantu siswa fokus pada pembelajaran.

b. Meningkatkan efisiensi pembelajaran.

c. Mencegah kebosanan siswa.

d. Semua jawaban benar.

Jawaban: d. Manajemen waktu yang baik sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran.

Salah satu tantangan dalam manajemen kelas multikultural adalah...

a. Perbedaan latar belakang budaya siswa.

b. Bahasa yang berbeda.

c. Gaya belajar yang berbeda.

d. Semua jawaban benar.

Jawaban: d. Guru perlu memahami dan mengakomodasi berbagai perbedaan dalam kelas multikultural.

Evaluasi terhadap manajemen kelas yang dilakukan secara berkala bertujuan untuk...

a. Mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai.

b. Mengidentifikasi masalah yang ada dan mencari solusinya.

c. Memperbaiki kualitas pembelajaran.

d. Semua jawaban benar.

Jawaban: d. Evaluasi yang berkelanjutan sangat penting untuk meningkatkan kualitas manajemen kelas.

Catatan: Soal-soal di atas merupakan contoh dan dapat disesuaikan dengan materi yang telah dipelajari.

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal  Interaksi dengan peserta didik

Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda untuk kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Interaksi dengan Peserta Didik. Soal-soal ini dirancang untuk mengukur pemahaman Anda tentang bagaimana membangun interaksi yang efektif dan berkualitas dengan siswa SD.

Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Interaksi dengan Peserta Didik

Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh interaksi yang paling efektif untuk memotivasi siswa SD dalam belajar? a. Memberikan pujian umum kepada seluruh kelas setelah tugas selesai. b. Memberikan umpan balik spesifik pada setiap siswa mengenai kemajuan mereka. c. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain. d. Memberikan hadiah besar kepada siswa yang berprestasi terbaik.

Bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi konflik antar siswa di kelas? a. Memarahi siswa yang terlibat dalam konflik. b. Membiarkan siswa menyelesaikan masalah mereka sendiri. c. Memfasilitasi diskusi terbuka antara siswa yang terlibat untuk mencari solusi bersama. d. Menyalahkan satu pihak yang dianggap paling bertanggung jawab.

Apa yang harus dilakukan seorang guru jika seorang siswa terlihat kesulitan mengikuti pelajaran? a. Mengabaikan siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran. b. Meminta siswa tersebut untuk keluar kelas. c. Memberikan penjelasan tambahan secara individu atau dalam kelompok kecil. d. Menyalahkan siswa tersebut karena tidak memperhatikan.

Bagaimana cara yang efektif untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran? a. Memberikan ceramah panjang dan terperinci. b. Mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong siswa untuk berpikir kritis. c. Meminta siswa untuk hanya mendengarkan dan mencatat. d. Memberikan tugas yang sama untuk semua siswa tanpa memperhatikan perbedaan individual.

Apa pentingnya menjaga hubungan yang baik dengan orang tua siswa? a. Untuk menghindari konflik dengan orang tua. b. Untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan siswa di rumah. c. Untuk meminta bantuan orang tua dalam menyelesaikan masalah disiplin. d. Semua jawaban di atas benar.

Bagaimana cara yang tepat untuk merespons kesalahan yang dilakukan siswa? a. Menghukum siswa secara fisik. b. Memarahi siswa di depan kelas. c. Membantu siswa memahami kesalahannya dan memberikan kesempatan untuk memperbaiki. d. Mengabaikan kesalahan siswa.

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran kooperatif? a. Siswa belajar sendiri tanpa bantuan orang lain. b. Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. c. Siswa saling bersaing untuk mendapatkan nilai terbaik. d. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru.

Bagaimana cara guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif? a. Mengabaikan perbedaan individu siswa. b. Menyesuaikan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan semua siswa. c. Memisahkan siswa berdasarkan kemampuan. d. Hanya fokus pada siswa yang berprestasi tinggi.

Apa pentingnya memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa? a. Untuk membuat siswa merasa buruk. b. Untuk memotivasi siswa untuk terus belajar dan memperbaiki diri. c. Untuk membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain. d. Untuk memberikan hukuman kepada siswa yang melakukan kesalahan.

Bagaimana cara guru dapat membangun rasa percaya diri pada siswa? a. Dengan sering mengkritik siswa. b. Dengan memberikan pujian yang tulus dan spesifik. c. Dengan membandingkan siswa dengan teman sebayanya. d. Dengan memberikan tugas yang sangat sulit.

Kunci Jawaban:

1.      B

2.      C

3.      C

4.      B

5.      D

6.      C

7.      B

8.      B

9.      B

10.  B

Catatan:

Soal-soal ini hanya sebagai contoh dan dapat disesuaikan dengan materi yang diajarkan serta karakteristik siswa.

 

 

Kompetensi Sosial Kultural: Materi ini menguji kemampuan guru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan budaya, seperti:

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Komunikasi efektif

10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi Komunikasi Efektif PPPK Guru SD

Soal

Komunikasi efektif dalam pembelajaran bertujuan untuk... a. Mendominasi kelas b. Mencapai tujuan pembelajaran c. Memberikan banyak tugas d. Membuat siswa takut e. Menunjukkan keunggulan guru

Ciri-ciri komunikasi efektif yang tepat adalah... a. Bahasa yang berbelit-belit b. Pesan yang ambigu c. Saluran komunikasi satu arah d. Pesan yang jelas dan mudah dipahami e. Penggunaan bahasa yang tinggi

Hal yang paling penting dalam komunikasi efektif guru dengan siswa adalah... a. Suara yang keras b. Bahasa tubuh yang tegas c. Pemahaman terhadap siswa d. Penggunaan media yang canggih e. Jumlah materi yang banyak

Contoh hambatan komunikasi efektif dalam kelas adalah... a. Siswa yang aktif bertanya b. Guru yang mendengarkan dengan baik c. Lingkungan belajar yang nyaman d. Perbedaan latar belakang siswa e. Adanya umpan balik dari siswa

Untuk mengatasi siswa yang sulit berkomunikasi, guru sebaiknya... a. Memarahi siswa b. Mengabaikan siswa c. Memberikan tugas tambahan d. Menciptakan suasana yang aman dan nyaman e. Membandingkan siswa dengan teman yang lain

Komunikasi non-verbal yang efektif dalam pembelajaran meliputi... a. Ekspresi wajah, gestur, dan kontak mata b. Hanya bahasa tubuh yang tegas c. Penggunaan suara yang monoton d. Jarak yang terlalu dekat dengan siswa e. Mengabaikan bahasa tubuh siswa

Tujuan memberikan umpan balik dalam komunikasi efektif adalah... a. Membuat siswa merasa gagal b. Memperbaiki kinerja siswa c. Menunjukkan keunggulan guru d. Memberikan hukuman kepada siswa e. Membandingkan siswa satu sama lain

Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa adalah... a. Memotong pembicaraan siswa b. Fokus pada diri sendiri c. Memberikan perhatian penuh pada siswa d. Menghakimi pendapat siswa e. Mencari kesalahan dalam ucapan siswa

Komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua siswa bertujuan untuk... a. Menyalahkan orang tua b. Meminta bantuan orang tua c. Menjalin kerjasama yang baik d. Memberikan informasi negatif e. Membandingkan anak dengan anak lain

Guru yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik akan... a. Sulit beradaptasi dengan siswa b. Mudah menciptakan suasana belajar yang positif c. Sering mengalami konflik dengan siswa d. Kurang disukai oleh siswa e. Sulit menyampaikan materi pelajaran

Jawaban

1.      B

2.      D

3.      C

4.      D

5.      D

6.      A

7.      B

8.      C

9.      C

10.  B

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Kerjasama tim

Tentu, saya bantu buat 10 soal pilihan ganda tentang kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Kerjasama Tim, beserta jawabannya:

Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Kerjasama Tim

Manakah yang TIDAK termasuk dalam manfaat kerjasama tim dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar?

A. Meningkatkan motivasi belajar siswa.

B. Memperkaya perspektif dalam pemecahan masalah.

C. Meningkatkan kompetisi antar siswa.

D. Membentuk karakter sosial siswa.

Jawaban: C

Sebagai seorang guru, tindakan apa yang paling tepat untuk membangun kerjasama tim yang efektif dengan guru-guru lain di sekolah?

A. Menunjukkan prestasi individu secara terus-menerus.

B. Mengkritik terbuka ide-ide yang berbeda dari pendapat sendiri.

C. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan bersama dan saling mendukung.

D. Menjaga jarak dengan guru-guru lain untuk menghindari konflik.

Jawaban: C

Ketika terjadi konflik dalam tim, sikap yang paling tepat untuk seorang guru adalah...

A. Menyalahkan anggota tim yang dianggap paling bertanggung jawab.

B. Mencoba mencari solusi bersama dengan anggota tim lainnya.

C. Mengabaikan konflik tersebut agar tidak mengganggu pekerjaan.

D. Meminta pihak lain untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Jawaban: B

Salah satu kendala dalam membangun kerjasama tim di sekolah adalah...

A. Adanya perbedaan pendapat.

B. Adanya tujuan yang sama.

C. Adanya rasa saling percaya.

D. Adanya komunikasi yang efektif.

Jawaban: A

Manakah yang bukan merupakan ciri-ciri tim yang efektif?

A. Memiliki tujuan yang jelas.

B. Memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas.

C. Memiliki anggota yang individualistis.

D. Memiliki komunikasi yang terbuka.

Jawaban: C

Dalam situasi darurat, seorang guru yang memiliki kompetensi kerjasama tim akan...

A. Bertindak sendiri untuk menyelesaikan masalah.

B. Menunggu instruksi dari kepala sekolah.

C. Berkoordinasi dengan guru-guru lain untuk mencari solusi bersama.

D. Menyalahkan siswa yang dianggap menjadi penyebab masalah.

Jawaban: C

Kegiatan apa yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kerjasama tim dalam pembelajaran?

A. Memberikan tugas individu kepada setiap siswa.

B. Mengadakan lomba antar kelas.

C. Membentuk kelompok belajar yang heterogen.

D. Memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi tinggi.

Jawaban: C

Salah satu manfaat kerjasama tim bagi siswa adalah...

A. Meningkatkan rasa percaya diri siswa.

B. Meningkatkan kemampuan siswa dalam bersaing.

C. Membuat siswa menjadi lebih pasif.

D. Membuat siswa menjadi lebih individualistis.

Jawaban: A

Peran guru dalam membangun kerjasama tim adalah...

A. Sebagai pengamat saja.

B. Sebagai fasilitator dan motivator.

C. Sebagai penentu semua keputusan.

D. Sebagai kompetitor bagi siswa.

Jawaban: B

Apa yang harus dilakukan guru jika ada anggota tim yang tidak aktif dalam berpartisipasi?

A. Mengabaikan anggota tersebut.

B. Meminta anggota tersebut untuk keluar dari tim.

C. Mencari tahu alasannya dan memberikan dukungan.

D. Menyalahkan anggota tersebut di depan anggota tim lainnya.

Jawaban: C

Catatan: Soal-soal di atas dapat disesuaikan dengan konteks dan tingkat kesulitan yang diinginkan. Selain itu, guru juga dapat menambahkan soal-soal yang lebih spesifik terkait dengan pengalaman dan kebutuhan peserta didik.

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal  Kepemimpinan

Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda beserta jawabannya terkait kompetensi kepemimpinan untuk PPPK Guru SD. Soal-soal ini dirancang untuk mengukur pemahaman dan kemampuan calon PPPK dalam menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan di lingkungan sekolah.

10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi Kepemimpinan PPPK Guru SD

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!

Manakah dari berikut ini yang MERUPAKAN ciri utama seorang pemimpin yang efektif di sekolah? a. Berorientasi pada tugas semata b. Mampu mengambil keputusan secara cepat dan mandiri c. Mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain d. Memiliki otoritas yang kuat dan tidak perlu masukan dari orang lain Jawaban: c

Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan transformasional? a. Kepemimpinan yang fokus pada tugas-tugas sehari-hari b. Kepemimpinan yang menginspirasi perubahan positif dalam organisasi c. Kepemimpinan yang berorientasi pada mempertahankan status quo d. Kepemimpinan yang menekankan pada kepatuhan terhadap aturan Jawaban: b

Seorang guru yang ingin menjadi pemimpin di sekolah perlu memiliki kemampuan... a. Mengajar semua mata pelajaran dengan baik b. Mengelola konflik antar siswa dengan cara yang otoriter c. Membangun hubungan yang positif dengan semua stakeholder d. Menjaga jarak dengan rekan kerja untuk menunjukkan profesionalisme Jawaban: c

Salah satu tantangan utama yang dihadapi seorang pemimpin sekolah adalah... a. Kurangnya dukungan dari orang tua siswa b. Tingginya ekspektasi masyarakat terhadap kualitas pendidikan c. Kurangnya fasilitas yang memadai di sekolah d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d

Bagaimana cara seorang pemimpin sekolah dapat meningkatkan motivasi kerja guru? a. Memberikan hukuman kepada guru yang tidak berprestasi b. Mengadakan rapat rutin yang membosankan c. Memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja yang baik d. Menciptakan suasana kerja yang kompetitif Jawaban: c

Apa peran penting visi dan misi dalam kepemimpinan sekolah? a. Sebagai panduan dalam pengambilan keputusan b. Sebagai alat untuk memotivasi seluruh anggota komunitas sekolah c. Sebagai dasar dalam pengembangan program sekolah d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting bagi seorang pemimpin sekolah. Keterampilan komunikasi yang dimaksud adalah... a. Kemampuan berbicara di depan umum b. Kemampuan mendengarkan dengan empati c. Kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d

Bagaimana cara seorang pemimpin sekolah dapat membangun budaya sekolah yang positif? a. Dengan memberikan contoh yang baik b. Dengan melibatkan semua anggota komunitas sekolah dalam pengambilan keputusan c. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d

Salah satu prinsip penting dalam kepemimpinan yang demokratis adalah... a. Pemimpin memiliki otoritas penuh dalam pengambilan keputusan b. Semua keputusan harus diambil secara musyawarah mufakat c. Pendapat minoritas tidak perlu diperhatikan d. Pemimpin harus selalu benar Jawaban: b

Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan yang berpusat pada siswa? a. Kepemimpinan yang menempatkan kebutuhan siswa sebagai prioritas utama b. Kepemimpinan yang berfokus pada pencapaian target akademik siswa c. Kepemimpinan yang menekankan pada disiplin siswa d. Kepemimpinan yang mengabaikan peran guru dalam proses pembelajaran Jawaban: a

 

 

Kompetensi Manajerial: Materi ini menguji kemampuan guru dalam mengelola sumber daya, seperti:

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Perencanaan pembelajaran

Tentu, saya bantu buat soal pilihan ganda untuk kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Perencanaan Pembelajaran. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang efektif di tingkat SD.

10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Perencanaan Pembelajaran

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat.

Komponen utama dalam perencanaan pembelajaran yang efektif meliputi, KECUALI: a. Tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berjangka waktu (SMART) b. Materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan peserta didik c. Metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik d. Evaluasi yang hanya dilakukan di akhir pembelajaran

Model pembelajaran yang paling tepat untuk mengajarkan konsep abstrak seperti pecahan kepada siswa kelas 3 SD adalah: a. Ceramah b. Pembelajaran langsung c. Pembelajaran kooperatif dengan menggunakan manipulatif d. Proyek individu

Dalam menyusun RPP, aspek penting yang harus diperhatikan adalah: a. Hanya berfokus pada materi yang akan diajarkan b. Menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran c. Menggunakan bahasa yang terlalu formal dan baku d. Mengabaikan penilaian selama proses pembelajaran

Tujuan dari penilaian formatif dalam pembelajaran adalah: a. Memberikan nilai akhir kepada peserta didik b. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik c. Membandingkan prestasi peserta didik satu dengan yang lain d. Memenuhi tuntutan administrasi sekolah

Prinsip pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning) menekankan pada: a. Peran guru sebagai sumber utama pengetahuan b. Aktivitas peserta didik yang aktif dan bermakna c. Penggunaan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar d. Pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan guru

Salah satu kelebihan dari penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran adalah: a. Membuat pembelajaran menjadi lebih membosankan b. Meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik c. Membuat peserta didik menjadi pasif d. Mengurangi interaksi antara guru dan peserta didik

Dalam merancang kegiatan pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan: a. Hanya satu jenis kecerdasan peserta didik b. Berbagai macam gaya belajar peserta didik c. Minat dan bakat guru d. Waktu yang tersedia tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik

Evaluasi autentik adalah bentuk penilaian yang: a. Hanya mengukur pengetahuan faktual b. Menghubungkan antara pengetahuan dan keterampilan dalam konteks nyata c. Hanya dilakukan di akhir pembelajaran d. Lebih menekankan pada kuantitas jawaban yang benar

Salah satu contoh penerapan differentiated instruction dalam pembelajaran adalah: a. Memberikan tugas yang sama untuk semua peserta didik b. Menggunakan satu metode pembelajaran untuk semua peserta didik c. Menyediakan berbagai pilihan tugas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing peserta didik d. Mengabaikan perbedaan individu peserta didik

Refleksi setelah pembelajaran bertujuan untuk: a. Menyalahkan peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran b. Mengevaluasi keberhasilan pembelajaran dan mencari perbaikan c. Memberikan beban tambahan kepada guru d. Membuktikan bahwa guru telah melaksanakan tugas dengan baik

Kunci Jawaban:

1.      D

2.      C

3.      B

4.      B

5.      B

6.      B

7.      B

8.      B

9.      C

10.  B

Catatan: Soal-soal ini dapat disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan dan tingkat kesulitan yang diinginkan. Selain itu, guru juga dapat menambahkan soal-soal yang berkaitan dengan kasus nyata dalam pembelajaran.

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Pengelolaan waktu

Soal Pilihan Ganda Pengelolaan Waktu untuk PPPK Guru SD

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!

Manajemen waktu yang efektif sangat penting bagi guru SD karena...

a. Memberikan lebih banyak waktu untuk istirahat.

b. Memastikan semua materi pelajaran dapat disampaikan secara tuntas.

c. Membuat siswa lebih disiplin dalam belajar.

d. Meningkatkan produktivitas guru dalam melaksanakan tugas.

Jawaban: d

Teknik manajemen waktu mana yang paling efektif untuk membantu guru SD menyelesaikan tugas administratif yang menumpuk?

a. Menunda semua tugas hingga akhir minggu.

b. Membuat daftar tugas prioritas dan menjadwalkannya.

c. Bekerja terus-menerus tanpa istirahat.

d. Meminta bantuan kepada rekan kerja untuk semua tugas.

Jawaban: b

Strategi apa yang dapat dilakukan guru SD untuk mengatasi gangguan saat mengajar?

a. Mengabaikan gangguan tersebut.

b. Memarahi siswa yang mengganggu.

c. Membuat aturan kelas yang jelas dan konsisten.

d. Menunda pelajaran hingga gangguan berhenti.

Jawaban: c

Manfaat utama dari perencanaan mingguan bagi guru SD adalah...

a. Mengurangi beban kerja guru.

b. Membuat siswa lebih termotivasi.

c. Memastikan semua materi pelajaran tercakup.

d. Memudahkan guru dalam mengelola waktu.

Jawaban: d

Salah satu kendala yang sering dihadapi guru SD dalam mengelola waktu adalah...

a. Terlalu banyak waktu luang.

b. Terlalu sedikit tugas yang harus diselesaikan.

c. Banyaknya tuntutan tugas di luar jam mengajar.

d. Siswa yang tidak kooperatif.

Jawaban: c

Teknik relaksasi apa yang dapat membantu guru SD mengurangi stres akibat beban kerja yang berat?

a. Bekerja terus-menerus hingga semua tugas selesai.

b. Mengonsumsi minuman berkafein berlebihan.

c. Melakukan aktivitas fisik ringan seperti yoga atau meditasi.

d. Menonton televisi terus-menerus.

Jawaban: c

Apa yang dimaksud dengan "waktu efektif" dalam konteks pembelajaran di SD?

a. Waktu yang digunakan untuk istirahat.

b. Waktu yang digunakan untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan pembelajaran.

c. Waktu yang digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran.

d. Waktu yang digunakan untuk tugas administratif.

Jawaban: c

Bagaimana cara guru SD dapat melibatkan siswa dalam proses pengelolaan waktu di kelas?

a. Membiarkan siswa mengatur waktu sendiri.

b. Memberikan tugas yang sangat banyak kepada siswa.

c. Menjelaskan pentingnya manajemen waktu dan memberikan contoh.

d. Memarahi siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.

Jawaban: c

Manfaat apa yang diperoleh siswa jika guru SD mampu mengelola waktu dengan baik?

a. Siswa menjadi lebih malas.

b. Siswa menjadi lebih terstruktur dalam belajar.

c. Siswa menjadi lebih sering mengganggu teman.

d. Siswa menjadi lebih tidak disiplin.

Jawaban: b

Alat bantu apa yang dapat digunakan guru SD untuk membantu dalam pengelolaan waktu?

a. Smartphone

b. Kalender

c. Jam dinding

d. Semua jawaban benar

Jawaban: d

 

soal pilihan ganda  dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal  Pengelolaan kelas

Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Pengelolaan Kelas

Manakah yang TIDAK termasuk dalam komponen utama pengelolaan kelas yang efektif? a. Perencanaan pembelajaran b. Pembentukan aturan kelas c. Pengelolaan waktu d. Evaluasi kinerja kepala sekolah

Tujuan utama dari pembentukan aturan kelas adalah... a. Memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar b. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif c. Memudahkan guru dalam mengajar d. Memenuhi tuntutan kurikulum

Strategi pengelolaan waktu yang efektif di kelas, kecuali... a. Menggunakan timer atau jam pasir b. Memberikan jeda waktu yang cukup antar aktivitas c. Membiarkan siswa mengatur waktu sendiri d. Mengoptimalkan setiap menit pembelajaran

Salah satu teknik modifikasi perilaku yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah disiplin di kelas adalah... a. Hukuman fisik b. Sistem poin c. Mengabaikan perilaku yang tidak diinginkan d. Membandingkan siswa satu dengan yang lain

Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif adalah... a. Mengabaikan perbedaan individu siswa b. Memberikan perlakuan yang sama untuk semua siswa c. Menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa d. Memisahkan siswa berdasarkan kemampuannya

Manakah yang merupakan contoh dari pengelolaan ruang kelas yang efektif? a. Memajang gambar-gambar yang tidak relevan dengan materi pembelajaran b. Menyusun meja dan kursi secara acak c. Menempatkan bahan ajar yang mudah dijangkau siswa d. Membuat ruangan kelas terlalu terang sehingga menyilaukan mata

Keterlibatan orang tua dalam pengelolaan kelas dapat meningkatkan... a. Prestasi akademik siswa b. Disiplin siswa di rumah saja c. Beban kerja guru d. Konflik antara guru dan orang tua

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya bentrokan antar siswa di kelas adalah... a. Membiarkan siswa menyelesaikan masalah mereka sendiri b. Menyalahkan salah satu pihak yang terlibat c. Mengajarkan keterampilan sosial kepada siswa d. Memberikan hukuman yang berat kepada siswa yang berkelahi

Apa yang dimaksud dengan "cooperative learning"? a. Pembelajaran yang dilakukan secara individual b. Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok c. Pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan komputer d. Pembelajaran yang dilakukan dengan cara menghafal

Manakah yang TIDAK termasuk dalam keterampilan dasar seorang guru dalam mengelola kelas? a. Komunikasi yang efektif b. Kemampuan mengambil keputusan c. Keterampilan mengajar d. Kemampuan bermain alat musik

Kunci Jawaban:

1.      D

2.      B

3.      C

4.      B

5.      C

6.      C

7.      A

8.      C

9.      B

10.  D

Pembahasan Singkat:

Soal-soal di atas mencakup berbagai aspek pengelolaan kelas yang penting bagi seorang guru SD. Pembahasan lengkap untuk setiap soal dapat diberikan jika diperlukan.

 

Feli Bisa Unduh : Disini