SOAL DAN JAWABAN UJI KOMPETENSI PENERIMAAN PEGAWAI
PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) TAHUN 2024
Kompetensi Teknis:
Materi ini berkaitan langsung dengan bidang keguruan, seperti:
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal kurikulum dan
pembelajaran
Soal Pilihan Ganda
- Manakah dari berikut ini yang MERUPAKAN komponen utama
dalam pengembangan peserta didik?
a. Kognitif, afektif, dan psikomotor b. Kognitif, afektif, dan sosial c.
Kognitif, psikomotor, dan spiritual d. Afektif, psikomotor, dan sosial Jawaban:
a. Ketiga komponen ini saling melengkapi dalam membentuk pribadi
peserta didik yang utuh.
- Tujuan utama dari penilaian autentik dalam pembelajaran
adalah... a. Memberikan nilai numerik
untuk siswa b. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain c.
Mengukur pemahaman siswa terhadap materi secara mendalam d. Memenuhi
persyaratan administrasi sekolah Jawaban: c. Penilaian autentik
lebih fokus pada proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menerapkan
pengetahuan dalam situasi nyata.
- Model pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan
aktif siswa dalam menemukan sendiri konsep-konsep baru adalah... a. Pembelajaran langsung b. Pembelajaran kooperatif c.
Pembelajaran berbasis masalah d. Pembelajaran berbasis proyek Jawaban:
c. Pembelajaran berbasis masalah mendorong siswa untuk mencari solusi
atas permasalahan yang diberikan.
- Salah satu prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum
adalah... a. Kurikulum bersifat statis
dan tidak perlu diperbarui b. Kurikulum harus relevan dengan kebutuhan
peserta didik dan masyarakat c. Kurikulum harus berpusat pada guru sebagai
sumber utama pengetahuan d. Kurikulum harus sama untuk semua peserta didik
tanpa memperhatikan perbedaan individu Jawaban: b. Kurikulum yang
baik harus responsif terhadap perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik.
- Peran guru dalam pembelajaran abad 21 adalah sebagai... a. Pemberi informasi satu arah b. Fasilitator dan
pembimbing pembelajaran c. Penilai tunggal prestasi siswa d. Pengelola
kelas yang ketat Jawaban: b. Guru abad 21 lebih berperan sebagai
fasilitator yang membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri.
- Differentiated instruction bertujuan untuk... a. Memberikan materi yang sama untuk semua siswa b.
Memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa c. Memisahkan
siswa berdasarkan kemampuannya d. Mempercepat proses pembelajaran Jawaban:
b. Differentiated instruction mengakui bahwa setiap siswa memiliki
gaya belajar dan kecepatan belajar yang berbeda.
- Salah satu tantangan dalam menerapkan kurikulum 2013
adalah... a. Tersedianya sumber daya
yang memadai b. Perbedaan tingkat kesiapan guru c. Kurangnya dukungan dari
orang tua d. Tidak adanya perubahan dalam sistem penilaian Jawaban: b.
Implementasi kurikulum baru memerlukan adaptasi dan pengembangan
kompetensi guru.
- Pentingnya mengembangkan keterampilan berpikir kritis
pada peserta didik adalah untuk...
a. Memudahkan siswa menghafal materi b. Membantu siswa memecahkan masalah
dan mengambil keputusan c. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti
instruksi d. Memudahkan guru dalam menyampaikan materi Jawaban: b.
Berpikir kritis adalah keterampilan yang sangat berguna dalam kehidupan
sehari-hari.
9.
Salah satu
cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan... a. Memberikan hukuman kepada siswa yang tidak aktif b.
Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menantang c. Membandingkan
prestasi siswa satu dengan yang lain d. Memberikan tugas yang banyak dan sulit Jawaban:
b. Lingkungan belajar yang positif dapat memotivasi siswa untuk belajar
lebih giat.Aspek mana yang paling penting dalam pengembangan karakter
peserta didik? a. Pengetahuan b. Keterampilan c. Sikap dan nilai d.
Prestasi akademik Jawaban: c. Pengembangan karakter lebih fokus pada
pembentukan sikap, nilai, dan moral yang baik.soal pilihan ganda dan jawaban kompetensi pppk guru sd
Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda untuk
kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Pengembangan Peserta Didik. Soal-soal
ini dirancang untuk mengukur pemahaman Anda tentang berbagai aspek pengembangan
peserta didik, mulai dari teori belajar hingga praktik pembelajaran di kelas.
Pengembangan Peserta Didik (10 Soal Pilihan Ganda)
Teori belajar yang menekankan pada pentingnya pengalaman
langsung dan interaksi aktif dengan lingkungan disebut... a. Behaviorisme b. Kognitivisme c. Konstruktivisme d.
Humanisme
Salah satu prinsip utama dalam pengembangan peserta didik
adalah... a. Setiap peserta didik memiliki
kecepatan belajar yang sama. b. Peserta didik adalah penerima pasif informasi.
c. Lingkungan belajar tidak berpengaruh pada perkembangan peserta didik. d.
Peserta didik adalah individu unik dengan potensi yang berbeda-beda.
Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan
peserta didik meliputi... a.
Kognitif, afektif, dan psikomotor b. Kognitif dan afektif saja c. Afektif dan
psikomotor saja d. Hanya aspek kognitif
Metode pembelajaran yang paling efektif untuk mengembangkan
keterampilan berpikir kritis pada peserta didik adalah... a. Ceramah b. Diskusi kelompok c. Pemberian tugas individu
d. Demonstrasi
Salah satu tujuan utama penilaian autentik adalah... a. Memberikan nilai numerik yang tinggi kepada peserta
didik. b. Membandingkan prestasi peserta didik satu dengan yang lain. c.
Mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan
dalam situasi nyata. d. Memudahkan guru dalam memberikan nilai.
Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik
adalah... a. Hanya memberikan materi
pelajaran. b. Menjadi model peran yang baik. c. Membiarkan peserta didik
belajar sendiri. d. Hanya fokus pada prestasi akademik peserta didik.
Salah satu cara untuk memotivasi peserta didik dalam belajar
adalah... a. Memberikan hukuman jika tidak
mencapai target. b. Membuat suasana belajar yang menyenangkan dan menantang. c.
Membandingkan prestasi peserta didik satu dengan yang lain. d. Memberikan
hadiah yang sama untuk semua peserta didik.
Peran orang tua dalam pengembangan peserta didik adalah... a. Serahkan sepenuhnya kepada guru. b. Memberikan dukungan
dan motivasi. c. Hanya memberikan materi pelajaran di rumah. d. Membandingkan
prestasi anak dengan anak lain.
Salah satu tantangan dalam pengembangan peserta didik di era
digital adalah... a. Kurangnya akses terhadap
teknologi. b. Terlalu banyak informasi yang tidak relevan. c. Peserta didik
menjadi lebih mandiri. d. Keterampilan berpikir kritis semakin meningkat.
Pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas
dalam pengembangan peserta didik adalah...
a. Memudahkan guru dalam mengajar. b. Membuat orang tua merasa lebih terlibat.
c. Menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan mendukung perkembangan
peserta didik secara optimal. d. Hanya untuk memenuhi tuntutan kurikulum.
Kunci Jawaban:
1.
C
2.
D
3.
A
4.
B
5.
C
6.
B
7.
B
8.
B
9.
B
10. C
Catatan:
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Pengembangan
peserta didik
Pengembangan Peserta Didik (PPP) Guru SD
Petunjuk:
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Teori belajar yang menekankan pada pentingnya pengalaman
langsung dan interaksi aktif dengan lingkungan disebut...
a. Behaviorisme
b. Kognitivisme
c. Konstruktivisme
d. Humanisme
Jawaban: c
Salah satu prinsip dasar dalam pengembangan peserta didik
adalah...
a. Peserta didik adalah penerima pasif informasi.
b. Setiap peserta didik memiliki potensi yang sama.
c. Perbedaan individu harus diabaikan dalam pembelajaran.
d. Lingkungan belajar yang kondusif tidak mempengaruhi hasil
belajar.
Jawaban: b
Tujuan utama dari penilaian autentik adalah...
a. Memberikan nilai numerik untuk membandingkan peserta
didik.
b. Mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi
pelajaran secara komprehensif.
c. Memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada peserta
didik.
d. Memenuhi tuntutan administrasi sekolah.
Jawaban: b
Salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk
mengembangkan keterampilan berpikir kritis adalah...
a. Ceramah
b. Diskusi kelompok
c. Menghafal rumus
d. Mengerjakan soal-soal latihan secara individu
Jawaban: b
Peran guru dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik
adalah...
a. Hanya memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan
kurikulum.
b. Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi
dan kreativitas.
c. Membandingkan prestasi peserta didik satu sama lain.
d. Menekankan pada pentingnya mengikuti aturan kelas.
Jawaban: b
Salah satu tantangan dalam mengembangkan peserta didik di
era digital adalah...
a. Ketersediaan sumber belajar yang beragam.
b. Kemudahan akses informasi.
c. Penggunaan gadget yang berlebihan oleh peserta didik.
d. Adanya berbagai platform pembelajaran online.
Jawaban: c
Kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas sangat
penting dalam pengembangan peserta didik karena...
a. Memudahkan guru dalam mengelola kelas.
b. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
c. Memenuhi tuntutan administrasi sekolah.
d. Memudahkan komunikasi antara guru dan orang tua.
Jawaban: b
Salah satu indikator keberhasilan pengembangan peserta didik
adalah...
a. Meningkatnya nilai ujian nasional.
b. Meningkatnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan
masalah dan berpikir kritis.
c. Meningkatnya jumlah peserta didik yang mengikuti
ekstrakurikuler.
d. Meningkatnya jumlah peserta didik yang masuk sekolah
favorit.
Jawaban: b
Peran penting guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta
didik adalah...
a. Memberikan hukuman kepada peserta didik yang sulit
belajar.
b. Mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar dan
memberikan bantuan yang tepat.
c. Menyalahkan peserta didik atas kesulitan belajarnya.
d. Membiarkan peserta didik mengatasi kesulitan belajarnya
sendiri.
Jawaban: b
Salah satu prinsip penting dalam pembelajaran inklusif
adalah...
a. Memisahkan peserta didik berdasarkan kemampuannya.
b. Menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan setiap peserta
didik.
c. Menekankan pada pentingnya kompetisi antar peserta didik.
d. Mengabaikan perbedaan individu dalam pembelajaran.
Jawaban: b
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Evaluasi
pembelajaran
Tentu, saya dapat bantu menyusun 10 soal pilihan ganda untuk
evaluasi kompetensi PPPK guru SD, khususnya pada bidang evaluasi pembelajaran.
Namun, perlu diingat bahwa soal-soal ini bersifat umum dan sebaiknya
disesuaikan dengan kurikulum dan materi pembelajaran yang sedang Anda
laksanakan.
Berikut 10 contoh soal pilihan ganda:
Tujuan utama melakukan evaluasi pembelajaran adalah... a. Memberikan nilai akhir kepada siswa b. Mengetahui
tingkat kesulitan materi bagi siswa c. Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran
dan memperbaiki proses pembelajaran d. Membandingkan prestasi siswa satu dengan
yang lain
Instrumen evaluasi yang paling tepat untuk mengukur
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah... a. Pilihan ganda b. Isian singkat c. Essay d. Proyek
Aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun kisi-kisi soal
evaluasi adalah... a. Jumlah soal b. Tingkat kesulitan
soal c. Materi yang diujikan, indikator pencapaian kompetensi, dan bentuk soal
d. Waktu pengerjaan soal
Contoh soal evaluasi yang mengukur kemampuan berpikir
tingkat tinggi adalah... a. Sebutkan
tiga jenis hewan! b. Jelaskan proses fotosintesis! c. Bagaimana pendapatmu
tentang pentingnya menjaga lingkungan? d. Hitunglah luas persegi panjang dengan
panjang 10 cm dan lebar 5 cm!
Salah satu kelebihan tes uraian dibandingkan tes objektif
adalah... a. Mudah dalam penilaian b. Dapat
mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif c. Lebih efisien dalam waktu d.
Lebih objektif
Portofolio siswa merupakan salah satu bentuk penilaian... a. Autentik b. Normatif c. Sumatif d. Diagnostik
Apa yang dimaksud dengan reliabilitas dalam penilaian? a. Ketepatan suatu tes dalam mengukur apa yang seharusnya
diukur b. Konsistensi hasil suatu tes jika diberikan pada waktu yang berbeda c.
Tingkat kesukaran suatu tes d. Keterwakilan sampel soal terhadap keseluruhan
materi
Salah satu prinsip dalam menyusun soal evaluasi adalah... a. Soal harus sulit agar siswa tertantang b. Bahasa soal
harus ambigu agar siswa berpikir kritis c. Soal harus jelas, singkat, dan mudah
dipahami d. Soal harus banyak agar dapat mengukur semua materi
Apa yang harus dilakukan guru setelah melakukan evaluasi
pembelajaran? a. Memberikan nilai kepada siswa b.
Menganalisis hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran c. Melupakan hasil
evaluasi d. Memberikan hukuman kepada siswa yang nilainya rendah
Tujuan utama memberikan umpan balik kepada siswa setelah
evaluasi adalah... a. Membuat siswa merasa puas b.
Membantu siswa memperbaiki kesalahan dan meningkatkan prestasi c. Memberikan tekanan
kepada siswa agar belajar lebih giat d. Membandingkan prestasi siswa satu
dengan yang lain
Kunci Jawaban:
1.
C
2.
D
3.
C
4.
C
5.
B
6.
A
7.
B
8.
C
9.
B
10. B
Catatan:
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Materi pelajaran
(sesuai bidang studi yang diajarkan)
Tentu, saya bantu buatkan contoh soal pilihan ganda
untuk kompetensi PPPK Guru SD dengan materi pelajaran yang disesuaikan dengan
bidang studi yang diajarkan. Namun, perlu diingat bahwa soal-soal ini hanya
sebagai contoh dan sebaiknya disesuaikan dengan kurikulum dan materi yang
sedang diajarkan di sekolah Anda.
Contoh Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru
SD
Materi: Matematika (Bilangan Bulat)
Hasil dari -5 + 8 – (-3) adalah … a. -16 b. -6 c. 6 d.
16
FPB dari 24, 36, dan 48 adalah … a. 6 b. 12 c. 24 d. 36
Materi: Bahasa Indonesia (Membaca Permulaan)
Kata yang berlawanan artinya dengan “besar” adalah … a.
Kecil b. Tinggi c. Lebar d. Panjang
Kalimat yang menggunakan tanda baca titik (.) dengan
benar adalah … a. Ibu pergi ke pasar membeli sayur b. Ayah bekerja di kantor c.
Ani belajar di rumah d. Semua jawaban benar
Materi: IPA (Sistem Pencernaan)
Organ tubuh yang berfungsi untuk mencerna makanan secara
mekanik adalah … a. Hati b. Ginjal c. Lambung d. Gigi
Proses perubahan makanan menjadi zat-zat yang lebih
sederhana disebut … a. Pencernaan b. Pernapasan c. Peredaran darah d. Ekskresi
Materi: IPS (Keluarga)
Tugas utama seorang ayah dalam keluarga adalah … a.
Memasak b. Membersihkan rumah c. Mencari nafkah d. Mengurus anak
Contoh sikap saling menghargai dalam keluarga adalah …
a. Suka mencela b. Membantu pekerjaan rumah c. Suka bertengkar d. Tidak mau
mendengarkan pendapat orang lain
Materi: SBdP (Menggambar)
Alat yang digunakan untuk menggambar garis lurus adalah
… a. Pensil warna b. Penghapus c. Penggaris d. Kuas
Prinsip dasar dalam menggambar adalah … a. Menggunakan
warna sembarang b. Menggambar sesuai imajinasi c. Menggambar dengan proporsi
yang benar d. Menggambar dengan cepat
Kompetensi Pedagogik:
Materi ini menguji kemampuan pedagogik guru, seperti:
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Strategi pembelajaran
Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda tentang
strategi pembelajaran untuk persiapan PPPK Guru SD, lengkap dengan jawabannya:
Soal Pilihan Ganda Strategi Pembelajaran PPPK Guru SD
Manakah dari strategi pembelajaran berikut yang paling
efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa SD?
a. Ceramah
b. Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning)
c. Penugasan individu
d. Demonstrasi
Jawaban: b.
Pembelajaran berbasis masalah mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi,
dan menemukan solusi atas masalah yang diberikan.
Strategi pembelajaran yang paling sesuai untuk
memperkenalkan konsep abstrak kepada siswa SD adalah...
a. Eksperimen
b. Simulasi
c. Demonstrasi
d. Diskusi kelompok
Jawaban: c.
Demonstrasi membantu siswa visualisasi konsep abstrak melalui contoh konkret.
Tujuan utama menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran
adalah...
a. Menanamkan pengetahuan faktual
b. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis
c. Membentuk karakter siswa
d. Meningkatkan kecepatan membaca
Jawaban: b.
Inkuiri mendorong siswa untuk mencari jawaban sendiri melalui penyelidikan,
sehingga melatih kemampuan berpikir kritis.
Salah satu kelebihan dari pembelajaran kooperatif adalah...
a. Meminimalkan interaksi sosial siswa
b. Meningkatkan kompetisi antar siswa
c. Memungkinkan siswa belajar dengan ritme masing-masing
d. Memfasilitasi siswa untuk saling belajar dan berbagi
pengetahuan
Jawaban: d.
Pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok,
sehingga mereka saling belajar dan berbagi pengetahuan.
Strategi pembelajaran yang paling tepat untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa adalah...
a. Memberikan tugas yang banyak
b. Memberikan hukuman jika siswa tidak mengerjakan tugas
c. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan
menantang
d. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain
Jawaban: c.
Lingkungan belajar yang menyenangkan dan menantang akan memotivasi siswa untuk
terus belajar.
Salah satu prinsip dalam pemilihan media pembelajaran
adalah...
a. Semakin mahal media, semakin baik kualitasnya
b. Media harus sesuai dengan materi pelajaran dan tujuan
pembelajaran
c. Media harus selalu baru dan up-to-date
d. Media harus menarik perhatian siswa tanpa memperhatikan
relevansinya
Jawaban: b.
Media pembelajaran harus relevan dengan materi dan tujuan pembelajaran agar
efektif.
Apa yang dimaksud dengan differentiated instruction?
a. Pembelajaran yang sama untuk semua siswa
b. Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan
kemampuan masing-masing siswa
c. Pembelajaran yang hanya fokus pada siswa yang berprestasi
tinggi
d. Pembelajaran yang hanya menggunakan satu metode
Jawaban: b.
Differentiated instruction adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan
kebutuhan dan kemampuan individu siswa.
Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan komponen dari
model pembelajaran berbasis proyek?
a. Perencanaan proyek
b. Pelaksanaan proyek
c. Evaluasi proyek
d. Ceramah
Jawaban: d.
Ceramah bukan merupakan komponen dari model pembelajaran berbasis proyek, yang
lebih menekankan pada aktivitas siswa dalam menyelesaikan proyek.
Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi dalam
pembelajaran adalah...
a. Membuat siswa menjadi pasif
b. Mengurangi interaksi sosial siswa
c. Memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar
d. Meningkatkan ketergantungan siswa pada teknologi
Jawaban: c.
Teknologi memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar, sehingga
siswa dapat belajar secara mandiri.
Apa yang dimaksud dengan authentic assessment?
a. Penilaian yang hanya berfokus pada hasil akhir
b. Penilaian yang dilakukan secara tertulis
c. Penilaian yang mengukur kemampuan siswa dalam
menyelesaikan tugas yang relevan dengan kehidupan nyata
d. Penilaian yang dilakukan oleh guru saja
Jawaban: c.
Authentic assessment adalah penilaian yang mengukur kemampuan siswa dalam
menyelesaikan tugas yang relevan dengan kehidupan nyata.
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Media pembelajaran
Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda tentang
kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada media pembelajaran. Soal-soal ini
dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang pemilihan, pengembangan, dan
pemanfaatan media pembelajaran yang efektif di tingkat SD.
10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD:
Media Pembelajaran
Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang
paling tepat.
Manakah dari media pembelajaran berikut yang
paling efektif untuk mengajarkan konsep abstrak seperti "siklus air"
kepada siswa SD kelas 3? a. Video animasi b. Gambar statis c. Teks
bacaan d. Permainan papan
Tujuan utama penggunaan media pembelajaran dalam
proses belajar mengajar adalah... a. Menarik perhatian siswa b.
Mengganti peran guru c. Memudahkan guru dalam mengajar d. Memfasilitasi
pencapaian tujuan pembelajaran
Ketika memilih media pembelajaran, hal yang
paling penting untuk dipertimbangkan adalah... a. Harga media b.
Ketersediaan media c. Relevansi dengan materi pelajaran dan karakteristik siswa
d. Kemudahan penggunaan media
Salah satu kelebihan penggunaan media audio
dalam pembelajaran adalah... a. Dapat merangsang imajinasi siswa b.
Mudah dibuat dan diakses c. Dapat menampilkan visualisasi yang menarik d. Cocok
untuk semua jenis materi pelajaran
Media visual statis seperti gambar atau poster
paling efektif digunakan untuk... a. Menjelaskan proses yang berurutan
b. Menyajikan informasi yang kompleks c. Membangkitkan minat belajar siswa d.
Memudahkan siswa mengingat informasi
Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran
berbasis teknologi? a. Media yang menggunakan perangkat elektronik b.
Media yang interaktif dan dapat disesuaikan c. Media yang dapat diakses secara
online d. Semua jawaban benar
Salah satu kekurangan penggunaan media
pembelajaran berbasis teknologi adalah... a. Biaya produksi yang mahal
b. Kurangnya interaktivitas c. Ketergantungan pada perangkat teknologi d. Sulit
ditemukan
Bagaimana cara guru mengoptimalkan penggunaan
media pembelajaran dalam proses pembelajaran? a. Menggunakan berbagai
jenis media dalam satu pembelajaran b. Memilih media yang paling modern c.
Menyesuaikan media dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa d.
Membiarkan siswa memilih media yang mereka sukai
Media pembelajaran yang paling efektif untuk
mengembangkan keterampilan motorik halus siswa SD adalah... a. Video
animasi b. Permainan edukatif c. Buku cerita d. Presentasi PowerPoint
Evaluasi terhadap penggunaan media pembelajaran
bertujuan untuk... a. Mengetahui tingkat kesukaan siswa terhadap media
b. Membandingkan efektifitas berbagai jenis media c. Memperbaiki dan
mengembangkan penggunaan media di masa mendatang d. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban (akan diberikan setelah Anda
mencoba menjawab)
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Manajemen kelas
Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda tentang
manajemen kelas untuk kompetensi PPPK Guru SD, lengkap dengan jawabannya.
Soal Pilihan Ganda Manajemen Kelas untuk PPPK Guru SD
Manajemen kelas yang efektif bertujuan untuk...
a. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan
produktif.
b. Mengontrol siswa agar selalu patuh pada guru.
c. Meminimalisir gangguan selama proses pembelajaran.
d. Semua jawaban benar.
Jawaban: d.
Manajemen kelas yang efektif mencakup semua aspek yang disebutkan, mulai dari
menciptakan suasana yang kondusif hingga meminimalisir gangguan.
Salah satu prinsip dasar dalam manajemen kelas adalah...
a. Otoritas guru harus selalu ditegakkan.
b. Siswa harus selalu diberi hukuman jika melakukan
kesalahan.
c. Menciptakan hubungan yang positif antara guru dan siswa.
d. Memfokuskan pada pencapaian hasil belajar siswa secara
individu.
Jawaban: c.
Menciptakan hubungan positif adalah kunci dalam membangun kelas yang efektif.
Strategi yang efektif untuk mencegah terjadinya gangguan di
kelas adalah...
a. Memberikan hukuman yang berat kepada siswa yang
mengganggu.
b. Membuat aturan kelas yang jelas dan konsisten.
c. Mengabaikan gangguan kecil.
d. Meminta bantuan orang tua jika ada masalah.
Jawaban: b.
Aturan kelas yang jelas dan konsisten akan memberikan panduan bagi siswa dan
mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan.
Teknik modifikasi perilaku yang dapat digunakan untuk
mengatasi masalah disiplin di kelas adalah...
a. Punishment
b. Reinforcement positif
c. Time-out
d. Semua jawaban benar
Jawaban: d.
Semua teknik yang disebutkan dapat digunakan untuk mengatasi masalah disiplin,
tergantung pada situasi dan karakteristik siswa.
Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang
inklusif adalah...
a. Memastikan semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama
untuk belajar.
b. Menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
individu siswa.
c. Menciptakan suasana kelas yang saling menghormati dan
menghargai perbedaan.
d. Semua jawaban benar.
Jawaban: d.
Guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif
bagi semua siswa.
Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
adalah...
a. Memberikan tugas yang banyak dan sulit.
b. Memberikan pujian dan penghargaan atas prestasi siswa.
c. Membandingkan prestasi siswa satu sama lain.
d. Memberikan hukuman jika siswa tidak mencapai target.
Jawaban: b.
Pujian dan penghargaan akan memotivasi siswa untuk terus belajar dan
berprestasi.
Keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar siswa dapat...
a. Meningkatkan prestasi belajar siswa.
b. Memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga.
c. Memberikan dukungan emosional bagi siswa.
d. Semua jawaban benar.
Jawaban: d.
Keterlibatan orang tua memiliki banyak manfaat bagi siswa.
Manajemen waktu yang efektif di dalam kelas dapat...
a. Membantu siswa fokus pada pembelajaran.
b. Meningkatkan efisiensi pembelajaran.
c. Mencegah kebosanan siswa.
d. Semua jawaban benar.
Jawaban: d.
Manajemen waktu yang baik sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran.
Salah satu tantangan dalam manajemen kelas multikultural
adalah...
a. Perbedaan latar belakang budaya siswa.
b. Bahasa yang berbeda.
c. Gaya belajar yang berbeda.
d. Semua jawaban benar.
Jawaban: d.
Guru perlu memahami dan mengakomodasi berbagai perbedaan dalam kelas
multikultural.
Evaluasi terhadap manajemen kelas yang dilakukan secara
berkala bertujuan untuk...
a. Mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai.
b. Mengidentifikasi masalah yang ada dan mencari solusinya.
c. Memperbaiki kualitas pembelajaran.
d. Semua jawaban benar.
Jawaban: d.
Evaluasi yang berkelanjutan sangat penting untuk meningkatkan kualitas
manajemen kelas.
Catatan: Soal-soal
di atas merupakan contoh dan dapat disesuaikan dengan materi yang telah
dipelajari.
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Interaksi dengan peserta didik
Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda untuk
kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Interaksi dengan Peserta Didik.
Soal-soal ini dirancang untuk mengukur pemahaman Anda tentang bagaimana
membangun interaksi yang efektif dan berkualitas dengan siswa SD.
Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Interaksi dengan
Peserta Didik
Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh interaksi
yang paling efektif untuk memotivasi siswa SD dalam belajar? a. Memberikan pujian umum kepada seluruh kelas setelah
tugas selesai. b. Memberikan umpan balik spesifik pada setiap siswa mengenai
kemajuan mereka. c. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain. d.
Memberikan hadiah besar kepada siswa yang berprestasi terbaik.
Bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi konflik
antar siswa di kelas? a. Memarahi siswa yang terlibat
dalam konflik. b. Membiarkan siswa menyelesaikan masalah mereka sendiri. c.
Memfasilitasi diskusi terbuka antara siswa yang terlibat untuk mencari solusi
bersama. d. Menyalahkan satu pihak yang dianggap paling bertanggung jawab.
Apa yang harus dilakukan seorang guru jika seorang siswa
terlihat kesulitan mengikuti pelajaran?
a. Mengabaikan siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran. b. Meminta siswa
tersebut untuk keluar kelas. c. Memberikan penjelasan tambahan secara individu
atau dalam kelompok kecil. d. Menyalahkan siswa tersebut karena tidak
memperhatikan.
Bagaimana cara yang efektif untuk melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran? a. Memberikan ceramah panjang dan
terperinci. b. Mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong siswa untuk
berpikir kritis. c. Meminta siswa untuk hanya mendengarkan dan mencatat. d.
Memberikan tugas yang sama untuk semua siswa tanpa memperhatikan perbedaan
individual.
Apa pentingnya menjaga hubungan yang baik dengan orang tua
siswa? a. Untuk menghindari konflik dengan
orang tua. b. Untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan siswa di rumah.
c. Untuk meminta bantuan orang tua dalam menyelesaikan masalah disiplin. d.
Semua jawaban di atas benar.
Bagaimana cara yang tepat untuk merespons kesalahan yang
dilakukan siswa? a. Menghukum siswa secara fisik. b.
Memarahi siswa di depan kelas. c. Membantu siswa memahami kesalahannya dan
memberikan kesempatan untuk memperbaiki. d. Mengabaikan kesalahan siswa.
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran kooperatif? a. Siswa belajar sendiri tanpa bantuan orang lain. b. Siswa
bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. c. Siswa saling
bersaing untuk mendapatkan nilai terbaik. d. Siswa hanya mendengarkan
penjelasan guru.
Bagaimana cara guru dapat menciptakan lingkungan belajar
yang inklusif? a. Mengabaikan perbedaan individu
siswa. b. Menyesuaikan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan semua siswa. c.
Memisahkan siswa berdasarkan kemampuan. d. Hanya fokus pada siswa yang
berprestasi tinggi.
Apa pentingnya memberikan umpan balik yang konstruktif
kepada siswa? a. Untuk membuat siswa merasa
buruk. b. Untuk memotivasi siswa untuk terus belajar dan memperbaiki diri. c.
Untuk membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain. d. Untuk memberikan
hukuman kepada siswa yang melakukan kesalahan.
Bagaimana cara guru dapat membangun rasa percaya diri pada
siswa? a. Dengan sering mengkritik siswa.
b. Dengan memberikan pujian yang tulus dan spesifik. c. Dengan membandingkan
siswa dengan teman sebayanya. d. Dengan memberikan tugas yang sangat sulit.
Kunci Jawaban:
1.
B
2.
C
3.
C
4.
B
5.
D
6.
C
7.
B
8.
B
9.
B
10. B
Catatan:
Soal-soal ini hanya sebagai contoh dan dapat disesuaikan
dengan materi yang diajarkan serta karakteristik siswa.
Kompetensi Sosial Kultural: Materi ini menguji kemampuan guru dalam berinteraksi dengan
lingkungan sosial dan budaya, seperti:
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Komunikasi efektif
10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi
Komunikasi Efektif PPPK Guru SD
Soal
Komunikasi efektif dalam pembelajaran bertujuan untuk... a. Mendominasi kelas b. Mencapai tujuan pembelajaran c.
Memberikan banyak tugas d. Membuat siswa takut e. Menunjukkan keunggulan guru
Ciri-ciri komunikasi efektif yang tepat adalah... a. Bahasa yang berbelit-belit b. Pesan yang ambigu c.
Saluran komunikasi satu arah d. Pesan yang jelas dan mudah dipahami e.
Penggunaan bahasa yang tinggi
Hal yang paling penting dalam komunikasi efektif guru dengan
siswa adalah... a. Suara yang keras b. Bahasa tubuh
yang tegas c. Pemahaman terhadap siswa d. Penggunaan media yang canggih e.
Jumlah materi yang banyak
Contoh hambatan komunikasi efektif dalam kelas adalah... a. Siswa yang aktif bertanya b. Guru yang mendengarkan
dengan baik c. Lingkungan belajar yang nyaman d. Perbedaan latar belakang siswa
e. Adanya umpan balik dari siswa
Untuk mengatasi siswa yang sulit berkomunikasi, guru
sebaiknya... a. Memarahi siswa b. Mengabaikan
siswa c. Memberikan tugas tambahan d. Menciptakan suasana yang aman dan nyaman
e. Membandingkan siswa dengan teman yang lain
Komunikasi non-verbal yang efektif dalam pembelajaran
meliputi... a. Ekspresi wajah, gestur, dan
kontak mata b. Hanya bahasa tubuh yang tegas c. Penggunaan suara yang monoton
d. Jarak yang terlalu dekat dengan siswa e. Mengabaikan bahasa tubuh siswa
Tujuan memberikan umpan balik dalam komunikasi efektif
adalah... a. Membuat siswa merasa gagal b.
Memperbaiki kinerja siswa c. Menunjukkan keunggulan guru d. Memberikan hukuman
kepada siswa e. Membandingkan siswa satu sama lain
Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan
siswa adalah... a. Memotong pembicaraan siswa b.
Fokus pada diri sendiri c. Memberikan perhatian penuh pada siswa d. Menghakimi
pendapat siswa e. Mencari kesalahan dalam ucapan siswa
Komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua siswa
bertujuan untuk... a. Menyalahkan orang tua b. Meminta
bantuan orang tua c. Menjalin kerjasama yang baik d. Memberikan informasi
negatif e. Membandingkan anak dengan anak lain
Guru yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik akan... a. Sulit beradaptasi dengan siswa b. Mudah menciptakan
suasana belajar yang positif c. Sering mengalami konflik dengan siswa d. Kurang
disukai oleh siswa e. Sulit menyampaikan materi pelajaran
Jawaban
1.
B
2.
D
3.
C
4.
D
5.
D
6.
A
7.
B
8.
C
9.
C
10. B
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Kerjasama tim
Tentu, saya bantu buat 10 soal pilihan ganda tentang
kompetensi PPPK Guru SD dengan fokus pada Kerjasama Tim, beserta jawabannya:
Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Kerjasama Tim
Manakah yang TIDAK termasuk dalam manfaat kerjasama tim
dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar?
A. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
B. Memperkaya perspektif dalam pemecahan masalah.
C. Meningkatkan kompetisi antar siswa.
D. Membentuk karakter sosial siswa.
Jawaban: C
Sebagai seorang guru, tindakan apa yang paling tepat untuk
membangun kerjasama tim yang efektif dengan guru-guru lain di sekolah?
A. Menunjukkan prestasi individu secara terus-menerus.
B. Mengkritik terbuka ide-ide yang berbeda dari pendapat
sendiri.
C. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan bersama dan saling
mendukung.
D. Menjaga jarak dengan guru-guru lain untuk menghindari
konflik.
Jawaban: C
Ketika terjadi konflik dalam tim, sikap yang paling tepat
untuk seorang guru adalah...
A. Menyalahkan anggota tim yang dianggap paling bertanggung
jawab.
B. Mencoba mencari solusi bersama dengan anggota tim
lainnya.
C. Mengabaikan konflik tersebut agar tidak mengganggu
pekerjaan.
D. Meminta pihak lain untuk menyelesaikan konflik tersebut.
Jawaban: B
Salah satu kendala dalam membangun kerjasama tim di sekolah
adalah...
A. Adanya perbedaan pendapat.
B. Adanya tujuan yang sama.
C. Adanya rasa saling percaya.
D. Adanya komunikasi yang efektif.
Jawaban: A
Manakah yang bukan merupakan ciri-ciri tim yang efektif?
A. Memiliki tujuan yang jelas.
B. Memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas.
C. Memiliki anggota yang individualistis.
D. Memiliki komunikasi yang terbuka.
Jawaban: C
Dalam situasi darurat, seorang guru yang memiliki kompetensi
kerjasama tim akan...
A. Bertindak sendiri untuk menyelesaikan masalah.
B. Menunggu instruksi dari kepala sekolah.
C. Berkoordinasi dengan guru-guru lain untuk mencari solusi
bersama.
D. Menyalahkan siswa yang dianggap menjadi penyebab masalah.
Jawaban: C
Kegiatan apa yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan
kerjasama tim dalam pembelajaran?
A. Memberikan tugas individu kepada setiap siswa.
B. Mengadakan lomba antar kelas.
C. Membentuk kelompok belajar yang heterogen.
D. Memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi tinggi.
Jawaban: C
Salah satu manfaat kerjasama tim bagi siswa adalah...
A. Meningkatkan rasa percaya diri siswa.
B. Meningkatkan kemampuan siswa dalam bersaing.
C. Membuat siswa menjadi lebih pasif.
D. Membuat siswa menjadi lebih individualistis.
Jawaban: A
Peran guru dalam membangun kerjasama tim adalah...
A. Sebagai pengamat saja.
B. Sebagai fasilitator dan motivator.
C. Sebagai penentu semua keputusan.
D. Sebagai kompetitor bagi siswa.
Jawaban: B
Apa yang harus dilakukan guru jika ada anggota tim yang
tidak aktif dalam berpartisipasi?
A. Mengabaikan anggota tersebut.
B. Meminta anggota tersebut untuk keluar dari tim.
C. Mencari tahu alasannya dan memberikan dukungan.
D. Menyalahkan anggota tersebut di depan anggota tim
lainnya.
Jawaban: C
Catatan: Soal-soal
di atas dapat disesuaikan dengan konteks dan tingkat kesulitan yang diinginkan.
Selain itu, guru juga dapat menambahkan soal-soal yang lebih spesifik terkait
dengan pengalaman dan kebutuhan peserta didik.
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Kepemimpinan
Tentu, saya bantu buatkan 10 soal pilihan ganda beserta
jawabannya terkait kompetensi kepemimpinan untuk PPPK Guru SD. Soal-soal ini
dirancang untuk mengukur pemahaman dan kemampuan calon PPPK dalam menerapkan
prinsip-prinsip kepemimpinan di lingkungan sekolah.
10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi Kepemimpinan
PPPK Guru SD
Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling
tepat!
Manakah dari berikut ini yang MERUPAKAN ciri
utama seorang pemimpin yang efektif di sekolah? a. Berorientasi pada
tugas semata b. Mampu mengambil keputusan secara cepat dan mandiri c. Mampu
menginspirasi dan memotivasi orang lain d. Memiliki otoritas yang kuat dan
tidak perlu masukan dari orang lain Jawaban: c
Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan
transformasional? a. Kepemimpinan yang fokus pada tugas-tugas
sehari-hari b. Kepemimpinan yang menginspirasi perubahan positif dalam
organisasi c. Kepemimpinan yang berorientasi pada mempertahankan status quo d.
Kepemimpinan yang menekankan pada kepatuhan terhadap aturan Jawaban: b
Seorang guru yang ingin menjadi pemimpin di
sekolah perlu memiliki kemampuan... a. Mengajar semua mata pelajaran
dengan baik b. Mengelola konflik antar siswa dengan cara yang otoriter c.
Membangun hubungan yang positif dengan semua stakeholder d. Menjaga jarak
dengan rekan kerja untuk menunjukkan profesionalisme Jawaban: c
Salah satu tantangan utama yang dihadapi seorang
pemimpin sekolah adalah... a. Kurangnya dukungan dari orang tua siswa
b. Tingginya ekspektasi masyarakat terhadap kualitas pendidikan c. Kurangnya
fasilitas yang memadai di sekolah d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d
Bagaimana cara seorang pemimpin sekolah dapat
meningkatkan motivasi kerja guru? a. Memberikan hukuman kepada guru
yang tidak berprestasi b. Mengadakan rapat rutin yang membosankan c. Memberikan
penghargaan dan apresiasi atas kinerja yang baik d. Menciptakan suasana kerja
yang kompetitif Jawaban: c
Apa peran penting visi dan misi dalam
kepemimpinan sekolah? a. Sebagai panduan dalam pengambilan keputusan
b. Sebagai alat untuk memotivasi seluruh anggota komunitas sekolah c. Sebagai
dasar dalam pengembangan program sekolah d. Semua jawaban di atas benar Jawaban:
d
Keterampilan komunikasi yang efektif sangat
penting bagi seorang pemimpin sekolah. Keterampilan komunikasi yang dimaksud
adalah... a. Kemampuan berbicara di depan umum b. Kemampuan
mendengarkan dengan empati c. Kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif
d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d
Bagaimana cara seorang pemimpin sekolah dapat
membangun budaya sekolah yang positif? a. Dengan memberikan contoh
yang baik b. Dengan melibatkan semua anggota komunitas sekolah dalam
pengambilan keputusan c. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang
menyenangkan d. Semua jawaban di atas benar Jawaban: d
Salah satu prinsip penting dalam kepemimpinan
yang demokratis adalah... a. Pemimpin memiliki otoritas penuh dalam
pengambilan keputusan b. Semua keputusan harus diambil secara musyawarah
mufakat c. Pendapat minoritas tidak perlu diperhatikan d. Pemimpin harus selalu
benar Jawaban: b
Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan yang
berpusat pada siswa? a. Kepemimpinan yang menempatkan kebutuhan siswa
sebagai prioritas utama b. Kepemimpinan yang berfokus pada pencapaian target
akademik siswa c. Kepemimpinan yang menekankan pada disiplin siswa d.
Kepemimpinan yang mengabaikan peran guru dalam proses pembelajaran Jawaban:
a
Kompetensi Manajerial:
Materi ini menguji kemampuan guru dalam mengelola sumber daya, seperti:
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Perencanaan
pembelajaran
Tentu, saya bantu buat soal pilihan ganda untuk kompetensi
PPPK Guru SD dengan fokus pada Perencanaan Pembelajaran. Soal-soal ini
dirancang untuk menguji pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip perencanaan
pembelajaran yang efektif di tingkat SD.
10 Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Perencanaan
Pembelajaran
Petunjuk:
Pilihlah jawaban yang paling tepat.
Komponen utama dalam perencanaan pembelajaran yang efektif
meliputi, KECUALI: a. Tujuan pembelajaran yang
spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berjangka waktu (SMART) b.
Materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan peserta didik
c. Metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik d. Evaluasi yang hanya
dilakukan di akhir pembelajaran
Model pembelajaran yang paling tepat untuk mengajarkan
konsep abstrak seperti pecahan kepada siswa kelas 3 SD adalah: a. Ceramah b. Pembelajaran langsung c. Pembelajaran
kooperatif dengan menggunakan manipulatif d. Proyek individu
Dalam menyusun RPP, aspek penting yang harus diperhatikan
adalah: a. Hanya berfokus pada materi yang
akan diajarkan b. Menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan konteks
pembelajaran c. Menggunakan bahasa yang terlalu formal dan baku d. Mengabaikan
penilaian selama proses pembelajaran
Tujuan dari penilaian formatif dalam pembelajaran adalah: a. Memberikan nilai akhir kepada peserta didik b.
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik c.
Membandingkan prestasi peserta didik satu dengan yang lain d. Memenuhi tuntutan
administrasi sekolah
Prinsip pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
(student-centered learning) menekankan pada:
a. Peran guru sebagai sumber utama pengetahuan b. Aktivitas peserta didik yang
aktif dan bermakna c. Penggunaan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar
d. Pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan guru
Salah satu kelebihan dari penggunaan media pembelajaran
dalam proses pembelajaran adalah:
a. Membuat pembelajaran menjadi lebih membosankan b. Meningkatkan motivasi dan
minat belajar peserta didik c. Membuat peserta didik menjadi pasif d.
Mengurangi interaksi antara guru dan peserta didik
Dalam merancang kegiatan pembelajaran, guru perlu
mempertimbangkan: a. Hanya satu jenis kecerdasan
peserta didik b. Berbagai macam gaya belajar peserta didik c. Minat dan bakat
guru d. Waktu yang tersedia tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Evaluasi autentik adalah bentuk penilaian yang: a. Hanya mengukur pengetahuan faktual b. Menghubungkan
antara pengetahuan dan keterampilan dalam konteks nyata c. Hanya dilakukan di
akhir pembelajaran d. Lebih menekankan pada kuantitas jawaban yang benar
Salah satu contoh penerapan differentiated instruction dalam
pembelajaran adalah: a. Memberikan tugas yang sama untuk
semua peserta didik b. Menggunakan satu metode pembelajaran untuk semua peserta
didik c. Menyediakan berbagai pilihan tugas yang sesuai dengan kebutuhan dan
kemampuan masing-masing peserta didik d. Mengabaikan perbedaan individu peserta
didik
Refleksi setelah pembelajaran bertujuan untuk: a. Menyalahkan peserta didik yang belum mencapai tujuan
pembelajaran b. Mengevaluasi keberhasilan pembelajaran dan mencari perbaikan c.
Memberikan beban tambahan kepada guru d. Membuktikan bahwa guru telah
melaksanakan tugas dengan baik
Kunci Jawaban:
1.
D
2.
C
3.
B
4.
B
5.
B
6.
B
7.
B
8.
B
9.
C
10. B
Catatan: Soal-soal
ini dapat disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan dan tingkat kesulitan
yang diinginkan. Selain itu, guru juga dapat menambahkan soal-soal yang
berkaitan dengan kasus nyata dalam pembelajaran.
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Pengelolaan waktu
Soal Pilihan Ganda Pengelolaan Waktu untuk PPPK Guru SD
Petunjuk:
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Manajemen waktu yang efektif sangat penting bagi guru SD
karena...
a. Memberikan lebih banyak waktu untuk istirahat.
b. Memastikan semua materi pelajaran dapat disampaikan
secara tuntas.
c. Membuat siswa lebih disiplin dalam belajar.
d. Meningkatkan produktivitas guru dalam melaksanakan tugas.
Jawaban: d
Teknik manajemen waktu mana yang paling efektif untuk
membantu guru SD menyelesaikan tugas administratif yang menumpuk?
a. Menunda semua tugas hingga akhir minggu.
b. Membuat daftar tugas prioritas dan menjadwalkannya.
c. Bekerja terus-menerus tanpa istirahat.
d. Meminta bantuan kepada rekan kerja untuk semua tugas.
Jawaban: b
Strategi apa yang dapat dilakukan guru SD untuk mengatasi
gangguan saat mengajar?
a. Mengabaikan gangguan tersebut.
b. Memarahi siswa yang mengganggu.
c. Membuat aturan kelas yang jelas dan konsisten.
d. Menunda pelajaran hingga gangguan berhenti.
Jawaban: c
Manfaat utama dari perencanaan mingguan bagi guru SD
adalah...
a. Mengurangi beban kerja guru.
b. Membuat siswa lebih termotivasi.
c. Memastikan semua materi pelajaran tercakup.
d. Memudahkan guru dalam mengelola waktu.
Jawaban: d
Salah satu kendala yang sering dihadapi guru SD dalam
mengelola waktu adalah...
a. Terlalu banyak waktu luang.
b. Terlalu sedikit tugas yang harus diselesaikan.
c. Banyaknya tuntutan tugas di luar jam mengajar.
d. Siswa yang tidak kooperatif.
Jawaban: c
Teknik relaksasi apa yang dapat membantu guru SD mengurangi
stres akibat beban kerja yang berat?
a. Bekerja terus-menerus hingga semua tugas selesai.
b. Mengonsumsi minuman berkafein berlebihan.
c. Melakukan aktivitas fisik ringan seperti yoga atau
meditasi.
d. Menonton televisi terus-menerus.
Jawaban: c
Apa yang dimaksud dengan "waktu efektif" dalam
konteks pembelajaran di SD?
a. Waktu yang digunakan untuk istirahat.
b. Waktu yang digunakan untuk kegiatan yang tidak
berhubungan dengan pembelajaran.
c. Waktu yang digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
d. Waktu yang digunakan untuk tugas administratif.
Jawaban: c
Bagaimana cara guru SD dapat melibatkan siswa dalam proses
pengelolaan waktu di kelas?
a. Membiarkan siswa mengatur waktu sendiri.
b. Memberikan tugas yang sangat banyak kepada siswa.
c. Menjelaskan pentingnya manajemen waktu dan memberikan
contoh.
d. Memarahi siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas tepat
waktu.
Jawaban: c
Manfaat apa yang diperoleh siswa jika guru SD mampu
mengelola waktu dengan baik?
a. Siswa menjadi lebih malas.
b. Siswa menjadi lebih terstruktur dalam belajar.
c. Siswa menjadi lebih sering mengganggu teman.
d. Siswa menjadi lebih tidak disiplin.
Jawaban: b
Alat bantu apa yang dapat digunakan guru SD untuk membantu
dalam pengelolaan waktu?
a. Smartphone
b. Kalender
c. Jam dinding
d. Semua jawaban benar
Jawaban: d
soal pilihan ganda
dan jawaban kompetensi pppk guru sd sebanyak 10 soal Pengelolaan kelas
Soal Pilihan Ganda Kompetensi PPPK Guru SD: Pengelolaan
Kelas
Manakah yang TIDAK termasuk dalam komponen utama pengelolaan
kelas yang efektif? a. Perencanaan pembelajaran b.
Pembentukan aturan kelas c. Pengelolaan waktu d. Evaluasi kinerja kepala
sekolah
Tujuan utama dari pembentukan aturan kelas adalah... a. Memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar b.
Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif c. Memudahkan guru dalam mengajar
d. Memenuhi tuntutan kurikulum
Strategi pengelolaan waktu yang efektif di kelas, kecuali... a. Menggunakan timer atau jam pasir b. Memberikan jeda
waktu yang cukup antar aktivitas c. Membiarkan siswa mengatur waktu sendiri d.
Mengoptimalkan setiap menit pembelajaran
Salah satu teknik modifikasi perilaku yang dapat digunakan
untuk mengatasi masalah disiplin di kelas adalah... a. Hukuman fisik b. Sistem poin c. Mengabaikan perilaku
yang tidak diinginkan d. Membandingkan siswa satu dengan yang lain
Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang
inklusif adalah... a. Mengabaikan perbedaan individu
siswa b. Memberikan perlakuan yang sama untuk semua siswa c. Menyesuaikan
pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa d. Memisahkan siswa
berdasarkan kemampuannya
Manakah yang merupakan contoh dari pengelolaan ruang kelas
yang efektif? a. Memajang gambar-gambar yang
tidak relevan dengan materi pembelajaran b. Menyusun meja dan kursi secara acak
c. Menempatkan bahan ajar yang mudah dijangkau siswa d. Membuat ruangan kelas
terlalu terang sehingga menyilaukan mata
Keterlibatan orang tua dalam pengelolaan kelas dapat
meningkatkan... a. Prestasi akademik siswa b.
Disiplin siswa di rumah saja c. Beban kerja guru d. Konflik antara guru dan
orang tua
Salah satu cara untuk mencegah terjadinya bentrokan antar
siswa di kelas adalah... a.
Membiarkan siswa menyelesaikan masalah mereka sendiri b. Menyalahkan salah satu
pihak yang terlibat c. Mengajarkan keterampilan sosial kepada siswa d. Memberikan
hukuman yang berat kepada siswa yang berkelahi
Apa yang dimaksud dengan "cooperative learning"? a. Pembelajaran yang dilakukan secara individual b.
Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok c. Pembelajaran yang dilakukan
dengan bantuan komputer d. Pembelajaran yang dilakukan dengan cara menghafal
Manakah yang TIDAK termasuk dalam keterampilan dasar seorang
guru dalam mengelola kelas? a.
Komunikasi yang efektif b. Kemampuan mengambil keputusan c. Keterampilan
mengajar d. Kemampuan bermain alat musik
Kunci Jawaban:
1.
D
2.
B
3.
C
4.
B
5.
C
6.
C
7.
A
8.
C
9.
B
10. D
Pembahasan Singkat:
Soal-soal di atas mencakup berbagai aspek pengelolaan kelas
yang penting bagi seorang guru SD. Pembahasan lengkap untuk setiap soal dapat
diberikan jika diperlukan.