Selamat Datang di Kelas Digital SDN Kowel Pamekasan Dengan Pak Muhammad Saleh, S.Pd

soal dan jawabannya PPPK Pedagogik guru SD


  1. Manakah dari berikut ini yang MERUPAKAN contoh penerapan prinsip pembelajaran aktif di kelas?

    • A. Guru menjelaskan materi secara rinci di depan kelas.
    • B. Siswa mengerjakan soal-soal latihan secara individu.
    • C. Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah.
    • D. Guru memberikan tugas rumah yang banyak.
    • Jawaban: C
  2. Tujuan utama dari penilaian autentik adalah...

    • A. Memberikan nilai numerik kepada siswa.
    • B. Membandingkan prestasi siswa satu dengan yang lain.
    • C. Mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks nyata.
    • D. Memenuhi persyaratan administrasi sekolah.
    • Jawaban: C
  3. Salah satu ciri khas dari pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) adalah...

    • A. Guru memberikan semua informasi yang dibutuhkan siswa.
    • B. Siswa bekerja secara individu untuk menyelesaikan masalah.
    • C. Masalah yang diberikan bersifat sederhana dan mudah dipecahkan.
    • D. Siswa diajak untuk mencari solusi atas masalah yang autentik.
    • Jawaban: D
  4. Apa yang dimaksud dengan zona perkembangan proksimal (ZPD) menurut Vygotsky?

    • A. Tingkat perkembangan kognitif tertinggi yang dapat dicapai oleh siswa.
    • B. Jarak antara apa yang dapat dilakukan siswa sendiri dan apa yang dapat dilakukan dengan bantuan orang lain.
    • C. Kemampuan bawaan siswa sejak lahir.
    • D. Pengalaman belajar yang paling bermakna bagi siswa.
    • Jawaban: B
  5. Peran guru dalam pembelajaran kooperatif adalah...

    • A. Memberikan instruksi yang jelas dan detail.
    • B. Memfasilitasi diskusi dan kerja sama antar siswa.
    • C. Menilai individu siswa secara terpisah.
    • D. Menghafalkan semua materi pelajaran.
    • Jawaban: B
  6. Salah satu prinsip penting dalam pembelajaran inklusif adalah...

    • A. Memisahkan siswa berkebutuhan khusus dari siswa lainnya.
    • B. Menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
    • C. Menetapkan standar yang sama untuk semua siswa.
    • D. Mengabaikan perbedaan individu siswa.
    • Jawaban: B
  7. Apa yang dimaksud dengan motivasi intrinsik?

    • A. Motivasi yang berasal dari dorongan dari luar diri, seperti hadiah atau pujian.
    • B. Motivasi yang berasal dari dalam diri, seperti rasa ingin tahu atau keinginan untuk belajar.
    • C. Motivasi yang dipaksakan oleh guru atau orang tua.
    • D. Motivasi yang hanya berlaku untuk tugas-tugas yang mudah.
    • Jawaban: B
  8. Salah satu cara untuk meningkatkan minat baca siswa adalah...

    • A. Meminta siswa membaca buku yang sama.
    • B. Memberikan tugas membaca yang banyak.
    • C. Menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk membaca.
    • D. Membatasi waktu membaca siswa.
    • Jawaban: C
  9. Peran orang tua dalam keberhasilan belajar siswa adalah...

    • A. Meminta guru untuk memberikan tugas tambahan.
    • B. Membandingkan prestasi anak dengan anak lain.
    • C. Memberikan dukungan emosional dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah.
    • D. Meminta anak untuk belajar terus-menerus tanpa istirahat.
    • Jawaban: C
  10. Apa yang dimaksud dengan penilaian formatif?

  • A. Penilaian yang dilakukan di akhir pembelajaran untuk menentukan nilai akhir siswa.
  • B. Penilaian yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik kepada siswa.
  • C. Penilaian yang hanya berfokus pada hasil akhir.
  • D. Penilaian yang tidak memerlukan instrumen khusus.
  • Jawaban: B