Manakah yang merupakan tujuan utama dari pengarahan guru terhadap siswa?
- A. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.
- B. Membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.
- C. Mengevaluasi kemampuan siswa secara individual.
- D. Menjaga ketertiban dan kedisiplinan siswa.
- Jawaban: B
-
Metode pengarahan mana yang paling efektif untuk membantu siswa memahami konsep abstrak?
- A. Ceramah
- B. Demonstrasi
- C. Diskusi kelompok
- D. Tugas individu
- Jawaban: B
-
Apa yang harus dilakukan guru jika menemukan seorang siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran?
- A. Membiarkan siswa tersebut belajar sendiri.
- B. Memberikan tugas tambahan sebagai hukuman.
- C. Memberikan bantuan tambahan secara individual atau kelompok.
- D. Membandingkan siswa tersebut dengan teman sebayanya.
- Jawaban: C
-
Prinsip utama dalam memberikan penguatan positif kepada siswa adalah...
- A. Memberikan hadiah materiil setiap kali siswa berhasil.
- B. Memberikan pujian yang spesifik dan tulus atas usaha siswa.
- C. Membandingkan prestasi siswa dengan teman sebayanya.
- D. Memberikan hukuman jika siswa tidak mencapai target.
- Jawaban: B
-
Manakah yang bukan merupakan ciri dari seorang guru yang efektif dalam memberikan pengarahan?
- A. Menguasai materi pelajaran dengan baik.
- B. Mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif.
- C. Memberikan perhatian yang sama kepada semua siswa.
- D. Hanya fokus pada hasil akhir pembelajaran.
- Jawaban: D
-
Bagaimana cara guru dapat memotivasi siswa yang kurang tertarik pada suatu mata pelajaran?
- A. Memberikan tekanan agar siswa tersebut lebih giat belajar.
- B. Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa.
- C. Membiarkan siswa tersebut memilih mata pelajaran lain.
- D. Memberikan hukuman jika siswa tersebut tidak memperbaiki nilai.
- Jawaban: B
-
Apa yang dimaksud dengan diferensiasi pembelajaran?
- A. Memberikan materi yang sama kepada semua siswa.
- B. Menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa.
- C. Membagi siswa menjadi kelompok berdasarkan kemampuan akademik.
- D. Menggunakan metode pembelajaran yang sama untuk semua siswa.
- Jawaban: B
-
Manakah yang merupakan contoh dari umpan balik yang efektif bagi siswa?
- A. "Kamu pintar sekali!"
- B. "Kamu harus lebih rajin belajar lagi."
- C. "Jawabanmu benar, karena...."
- D. "Kamu selalu membuat kesalahan yang sama."
- Jawaban: C
-
Apa yang harus dilakukan guru jika terjadi konflik di antara siswa?
- A. Membiarkan siswa menyelesaikan masalah sendiri.
- B. Memarahi siswa yang dianggap paling bersalah.
- C. Memfasilitasi siswa untuk mencari solusi bersama.
- D. Mengabaikan konflik tersebut.
- Jawaban: C
-
Bagaimana cara guru dapat membangun hubungan yang positif dengan orang tua siswa?
- A. Menyalahkan orang tua jika siswa mengalami kesulitan belajar.
- B. Mengabaikan komunikasi dengan orang tua.
- C. Terbuka dan jujur dalam memberikan informasi tentang perkembangan siswa.
- D. Hanya berkomunikasi dengan orang tua jika ada masalah.
- Jawaban: C