Selamat Datang di Kelas Digital SDN Kowel Pamekasan Dengan Pak Muhammad Saleh, S.Pd

soal pppk dan jawabannya Komunikasi guru SD


  1. Manakah yang merupakan tujuan utama komunikasi guru dengan siswa di sekolah dasar?

    • A. Menyalurkan informasi sepihak.
    • B. Membangun hubungan yang positif dan interaktif.
    • C. Menguji pemahaman siswa secara individual.
    • D. Menciptakan suasana kelas yang kompetitif.
    • Jawaban: B
  2. Apa yang dimaksud dengan komunikasi non-verbal dalam konteks pembelajaran?

    • A. Komunikasi yang menggunakan kata-kata tertulis.
    • B. Komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara.
    • C. Komunikasi yang dilakukan melalui media sosial.
    • D. Komunikasi yang hanya melibatkan guru dan kepala sekolah.
    • Jawaban: B
  3. Manakah yang merupakan hambatan dalam komunikasi guru dengan siswa?

    • A. Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
    • B. Adanya perbedaan latar belakang sosial dan budaya.
    • C. Tersedianya berbagai media pembelajaran yang menarik.
    • D. Komunikasi yang dilakukan secara terbuka dan jujur.
    • Jawaban: B
  4. Bagaimana cara guru menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk komunikasi?

    • A. Dengan memberikan tugas yang banyak dan sulit.
    • B. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan aman.
    • C. Dengan selalu mengkritik siswa yang melakukan kesalahan.
    • D. Dengan memberikan hukuman kepada siswa yang tidak aktif.
    • Jawaban: B
  5. Apa pentingnya memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa?

    • A. Agar siswa merasa rendah diri.
    • B. Agar siswa termotivasi untuk terus belajar dan memperbaiki diri.
    • C. Agar guru terlihat lebih superior.
    • D. Agar siswa takut membuat kesalahan.
    • Jawaban: B
  6. Manakah yang merupakan contoh komunikasi efektif antara guru dan orang tua siswa?

    • A. Guru hanya memberikan informasi negatif tentang siswa.
    • B. Guru dan orang tua saling berkolaborasi dalam membantu perkembangan siswa.
    • C. Guru tidak pernah merespon pertanyaan orang tua.
    • D. Guru hanya berkomunikasi dengan orang tua ketika ada masalah.
    • Jawaban: B
  7. Bagaimana cara guru mengatasi siswa yang sulit berkomunikasi?

    • A. Dengan mengabaikan siswa tersebut.
    • B. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelas secara bertahap.
    • C. Dengan memaksa siswa untuk berbicara di depan kelas.
    • D. Dengan memberikan label negatif kepada siswa.
    • Jawaban: B
  8. Apa yang dimaksud dengan komunikasi interpersonal dalam konteks sekolah?

    • A. Komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa.
    • B. Komunikasi yang terjadi antara guru dengan guru lainnya.
    • C. Komunikasi yang terjadi antara siswa dengan siswa lainnya.
    • Jawaban: D (Semua jawaban A, B, dan C benar. Komunikasi interpersonal mencakup semua bentuk interaksi antar individu di lingkungan sekolah.)
  9. Manakah yang merupakan contoh penggunaan media pembelajaran yang efektif dalam komunikasi?

    • A. Menggunakan media yang monoton dan tidak menarik.
    • B. Menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran dan usia siswa.
    • C. Menggunakan media yang terlalu banyak sehingga membingungkan siswa.
    • Jawaban: B
  10. Apa peran bahasa tubuh dalam komunikasi guru dengan siswa?

  • A. Bahasa tubuh tidak penting dalam komunikasi.
  • B. Bahasa tubuh dapat memperkuat atau melemahkan pesan yang disampaikan.
  • C. Bahasa tubuh hanya penting bagi guru yang memiliki kepribadian yang menarik.
  • Jawaban: B